Harian Haluan

Harianhaluan.com

Pulang Basamo Perantau Kamang Hilia Disambut Kesenian Tradisional

Pulang Basamo Perantau Kamang Hilia Disambut  Kesenian Tradisional
Tari Pasambahan ketika menyambut kedatangan rombongan Pulang Basamo perantau Kamang Hilia. IST 

AGAM,HARIANHALUAN.COM-Tari pasambahan  dan sejumlah atraksi kesenian tradisional Minangkabau, ditampilkan dalam menyambut kedatangan para perantau asal Nagari Kamang Hilia, Kabupaten Agam.
 
"Alhamdulillah, para dunsanak yang  pulang basamo  dari rantau, sudah tiba di Kamang Hilia dengan  aman dan lancar.  Kita anak nagari  di kampung halaman, berupaya menyambut kedatangan rombongan perantau Kamang Hilia dengan semarak dan meriah,"  jelas  Novi Irwan Nahar  salah seorang si pangka  penyambutan  kepada harianhaluan.com, Rabu ini (13/6).  

Ia mengatakan,  pulang basamo hampir di setiap nagari di Sumbar, khususnya di Nagari Kamang Hilia Agam dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri yang jumlahnya di tiap nagari ada yang ribuan,  merupakan  suatu tradisi berlebaran yang banyak hikmahnya.
 
"Disamping silaturahmi antara perantau, juga meningkatkan ekonomi daerah, tumbuh dan ramainyo objek wisata, kuliner dll. Kehadiran para perantau juga membuat terjadinya  tranformasi keilmuan & informasi dari tokoh/ilmuan di setiap nagari yang akan berdampak kemajuan bagi  nagari-nagari baik secara ekonomi, keilmuan, motifasi peningkatan sdm serta pembangunan fisik nagari dari bantuan perantau," ujar Novi yang juga anggo DPRD Agam ini.
 
Ada pun agenda Pulang Basamo di Nagari Kamang Hilia, diantaranya penyambutan perantau dengan pergelaran seni tradisional, MTQ Nagari, launching objek wisata di nagari seperti Objek Luak Gadang, dan tak kalah serunya adalah  Pacu Rakik di Bancah. "Juga  berbagai lomba, pergelaran seni tradisional dari seluruh Sanggar di nagari, peringatan Perang Kamang 15 Juni 1908, jalan santai dan Musyawarah Nagari Kamang Hiliayang insyaAllah akan dihadiri Bupati Agam bersama Gubernur Sumbar bersama seluruh Tokoh Nagari," jelasnya. (h/dn)
 
 

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...