Harian Haluan

Harianhaluan.com

Pulang Basamo KPPS, Lepas Rindu dan Bangun Nagari

Pulang Basamo KPPS, Lepas Rindu dan Bangun Nagari
Ketua KPPS H. David Kurnia dan para perantau berfoto bersama saat tiba di nagari Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan dan disambut oleh Wali Nagari Padang Sibusuk Edrifen beserta perangkat Nagari didampingi Ketua Pelaksana Osman Gumanti dan unsur pemuda serta Ninik Mamak, Kamis (14/6) di halaman Kantor Wali Nagari Padang Sibusuk. 

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-- Sudah menjadi bagi para perantau asal minang untuk pulang kampung saat lebaran. Apalagi bertemu dengan orang tua , keluarga dan sanak saudara di penuh kemenangan dan melepas rasa rindu.

Bagi para perantau, pulang bersama-sama dengan perantau lainnya dari berbagai daerah adalah hal yang ditunggu-tunggu. Mereka menyebut pulang basamo atau pulang kampung.

Salah satu para perantau yang pulang basamo yakni perantau dari Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan yang tergabung dalam Keluarga Perantau Padang Sibusuk (KPPS).

Tak hanya sekedar temu kangen, lebaran Tahun ini, KPPS akan melaksanakan beberapa kegiatan dengan semangat membangun kepedulian bagi generasi anak nagari.

"Alhamdulillah, para dunsanak yang  pulang basamo  dari rantau, sudah tiba di Nagari Padang Sibusuk dengan  aman dan lancar. Kami sebagai anak nagari  di kampung halaman, berupaya menyambut kedatangan rombongan perantau Padang Sibusuk dengan semarak dan meriah serta  penuh dengan suasana kekeluargaan," ujar Wali Nagari Padang Sibusuk Edrifen didampingi Ketua Pelaksana Usman Gumanti  dan Lima Kepala Jorong yang ada di Kenagarian Padang Sibusuk, Kamis (14/6) saat menyambut kedatangan rombongan perantau di Kantor Wali Nagari Padang Sibusuk.

Menurutnya, kepulangan para perantau disamping silaturahmi antara perantau dan anak Nagari Padang Sibusuk, kepulangan para perantau juga diharapkan dapat meningkatkan pembangunan yang ada di Kampung Halaman.

Sehingga berdampak terhadap kemajuan bagi  nagari baik secara ekonomi, keilmuan, motifasi peningkatan sdm serta pembangunan fisik nagari dari bantuan perantau.

“Melalui agenda terorganisasi tersebut, mudah mudahan antara perantau dan anak Nagari bisa menyusun langkah-langkah bersama ke depan pada berbagai bidang, baik sosial, ekonomi, pendidikan, agama, budaya, maupun politik, baik dengan perencanaan berjangka pendek, menengah, maupun panjang serta menjadi agenda tahunan kedepannya, ” tutur Edrifen.

Sementara itu, H David Kurnia selaku Ketua Keluarga Perantau Padang Sibusuk (KPPS) didampingi Kolonel Laut (KH) Dr.Yusnaldi SH, M.Pd, MM selaku pengurus menambahkan bahwa melalui agenda Pulang Basamo tersebut, para perantau diharapkan berpartisipasi dan bertukar pikiran mengenai bagaimana cara membangun nagari dan kampung halaman dengan melakukan kerja sama yang seimbang dan serasi antara anak nagari di kampung dan anak nagari di rantau.

Sehingga pembangunan nagari dan kampung halaman tertata dengan baik dan terpelihara kembali.

"Untuk itu, kami membangun langkah-langkah mendasar ini dan menghidupkan kembali, khususnya hubungan yang serasi antara anak nagari yang berada di ranah dan yang di rantau. Dengan begitu, nagari dan kampung halaman tidak hanya digarap oleh mereka yang tinggal di nagari dan kampung halaman, tetapi juga para perantau yang ikut andil dalam memajukan kampung halamannya demi kepentingan bersama,"ucapnya.

"Dengan begitu, kami mengimbau masyarakat menyukseskan agenda ini agar sesuai dengan apa yang sama-sama dicita-citakan, " tutur pria yang sukses menjadi pengusaha muda di Jakarta tersebut.

Ada pun agenda Pulang Basamo di Nagari Padang Sibusuk, diantaranya penyambutan perantau dengan pergelaran seni tradisional, lomba lomba Keagamaan, pertandingan sepakbola, halalbihal, makan bajamba, pergelaran kesenian tradisional anak nagari, pengobatan gratis, diskusi umum dan jalan santai se-Kenagarian Padang Sibusuk yang dimeriahkan dengan ratusan doorprize dari sumbangan perantau. (h/ogi)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...