Harian Haluan

Harianhaluan.com

Libur Lebaran, Ribuan Pengunjung Memadati Alahan Panjang Resort

Libur Lebaran, Ribuan Pengunjung Memadati Alahan Panjang Resort
RAMAI PENGUNJUNG-Para pengunjung terlihat memadati  memadati kawasan wisata Alahan Panjang Resort di tepi danau Diatas di Kecamatan Lembah Gumanti pada H+2 liburan Idulfitri1439 H, Minggu (17/6). YUTISWANDI 

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Memasuki hari ke 3 libur lebaran Idulfitri 1439 H, ribuan pengunjung terlihat memadati lokasi wisata Alahan Panjang Resort di Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti. 

Disamping suasana nan nyaman, pemandangan elok Danau Diatas menjadi alasan pengunjung untuk menghabiskan waktu sepanjang hari di kawasan ini.

Pantauan Harianhaluan.com, Minggu (17/6), para pengunjung yang datang dari berbagai daerah di Sumbar dan provinsi tetangga tersebut, juga disuguhi hiburan musik dan seni tradisional dari pihak penyelenggara iven pesona lima danau pemkab Solok.

Sejumlah wahana bermain yang sudah jauh hari disiapkan ikut memanjakan pengunjung.

Tak hanya itu, setidaknya 6 unit perahu motor juga siap menghantarkan para pengunjung, untuk berkeliling mengarungi sembari menikmati eksotisme alam danau diatas yang menawan itu.

"Kalau pergi ke daerah lain, kami takut terjebak macet. Kalau di sini suasananya nyaman dan tak ada macet," kata Hilman (42) salah seorang pengunjung asal Sijunjung kepada Harianhaluan.com.

Untuk pengamanan di lokasi, pihak pengelola juga memanfaatkan tenaga masyarakat lokal dibantu dengan petugas dari Polres Arosuka dan Polsek Lembah Gumanti.

Seperti untuk penataan parkir, pihak pengelola juga memberlakukan karcis sesuai standar, sehingga tidak ada lagi premanisme dan pungutan liar di area parkir.

"Insyaa Allah hingga saat ini semua berjalan kondusif. Dengan memberlakukan karcis parkir, pengunjung bisa lebih nyaman tanpa tarif yang mencekik," kata Kapolres Arosuka melalui kapolsek Lembah Gumanti  Iptu Amin Nurrasyid SH.

Sedangkan untuk pengamanan Danau, kata Amin, pihak Polres Arosuka juga menurunkan personil Polair yang siap mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk yang akan terjadi. (h/ndi)

 

Ikuti kami di