Harian Haluan

Harianhaluan.com

Dua Sisi Dibalik Ramainya Objek Wisata Pulau Belibis

Dua Sisi Dibalik Ramainya Objek Wisata Pulau Belibis
Pedagang yang mendapat rezeki dari tingginya angka kunjungan wisatawan di Pulua Belibis, Kota Solok serta petugas kebersihan yang sibuk memungut sampah, Minggu (17/6). YESI 

SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Libur lebaran membuat tempat wisata di berbagai daerah ramai dikunjungi wisatawan, salah satunya objek wisata pulau belibis di Kota Solok. 

Dari pantauan haluan, Minggu (17/6) jumlah pengunjung meningkat daripada hari-hari biasa. Hal tersebut menguntungkan sebagian pihak yang mencari rezeki di tempat wisata yang hanya mamatok harga tiket masuk Rp 2.000 ini.

Muslim (48) pedagang bakso bakar dan telur gulung di pulau belibis merasakan keuntungan dari momen libur lebaran tersebut. 

Saking banyaknya pembeli ia bahkan sampai kewalahan, dan menawarkan pembeli belanja ke pedagang bakso bakar lain.

"Omset tentu meningkat, Alhamdulillah baru jam segini sudah hampir habis, tinggal sedikit. Sampai kewalahan dibuatnya," ucap pria asal pesisir selatan ini seraya senyum sumringah tak pernah lepas dari wajahnya.

Lain pula dirasakan Setot (45) Petugas kebersihan di pulau belibis. Gurat kecapaian terukir jelas di wajah tua nya. Ramainya pengunjung di objek wisata membuat kerjanya bertambah dua kali lipat.

"Sampahnya meningkat berkali-kali lipat. Sudah tak (saya) bersihkan bersama teman-teman petugas kebersihan lain, tapi tak tampak juga hasilnya. Padahal tempat sampah dimana-mana, tulisan buang sampah pada tempatnya seakan dianggap angin lalu saja  " ucap pria berlogat jawa ini lirih.

"Kalau gaji tidak ada tambahan, sebulan dibayar Rp1.050.000 sama pengelola pulau belibis ini. Paling THR ketika lebaran ini ditambah sirup," ungkap nya kepada haluan seraya memungut sampah disepanjang kawasan pulau belibis.

Ia berharap pengunjung dapat membantu sedikit kerjanya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Begitu juga dengan pengujung ditempat wisata lain, agar kebersihan tempat wisata tetap terjaga dan indah dipandang mata. (mg-yes)

Ikuti kami di