Harian Haluan

Harianhaluan.com

Reuni Musisi Sawahlunto, Hibur Perantau dan Wisatawan

Reuni Musisi Sawahlunto, Hibur Perantau dan Wisatawan
Penampilan kolaborasi lintas generasi unjuk kebolehan dalam Sawahlunto Musisi Silaturahmi (Samusi) yang digelar di pelataran GPK, Minggu malam. RIKI YUHERMAN 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-Puluhan musisi dari lintas generasi dekade 70, 80,90 dan 2000 an saling unjuk kebolehan menyemarakkan reuni akbar bertajuk " Sawahlunto Musisi Silaturahmi" atau Samusi, Minggu malam (17/6) dipelataran gedung pusat kebudayaan Kota Arang setempat. Ivent yang digelar untuk pertamakalinya itu diharapkan menjadi agenda tahunan.

"Selain ajang silaturahmi, kita berharap gelaran ini menjadi wadah untuk sharing antar musisi yang ada, untuk bersama sama mendukung pembangunan Sawahlunto, tentunya melalui seni musik yang selama ini digeluti," ujar panitia penyelenggara Yon Andria kepada harianhaluan.com.
Yon menyebutkan, ide menggelar reuni musisi Sawahlunto ini datang spontan dari pemikiran beberapa rekan musisi yang ada, baik yang berdomisili disini maupun yang ada diperantauan. Samusi yang menjadi tajuk reuni itu lanjut Yon, sengaja mengambil momen libur lebaran idulfitri 1439 Hijriyah, karena banyak rekan rekan musisi yang dirantau akan mudik ke Sawahlunto."Alhamdulillah berkat semangat bersama dengan sumbangan secara patungan Samusi pertama ini sukses kita gelar," katanya.

Yon Andria yang merupakan angkatan 80 an itu menambahkan, dengan pertunjukan musik yang dibuat ini, bisa menjadi salah satu hiburan bagi para perantau yang mudik dan juga bagi pengunjung wisata.

Salah seorang musisi dekade 80an lainnya, Hasjhoni sangat mengapresiasi semangat digelarnya Samusi itu. Hasjhoni yang juga Wakil Ketua DPRD Sawahlunto itu menilai, ivent atau pergelaran musik seperti ini mampu mendukung dan menarik minat kunjungan wisata kekota ini, dan ini sangat bersinergi dengan semangat visi kota yakni menjadi kota wisata tambang yang berbudaya."Penting bagi kota ini untuk menampilkan sesuatu yang berbeda sari daerah wisata lainnya. Selain modal wahana wisata, Sawahlunto harus lebih kreatif dan punya inovasi baru sehingga tidak tertinggal dari daerah wisata lainnya. Dan iven seperti ini bisa menjadi salah satu unggulan dalam menarik wisatawan untuk datang," tuturnya.

Selain dari penampilan sesuai dengan generasi, dalam perhelatan itu juga ditampilkan kolabirasi lintas dekade yang menyuguhkan pertunjukan seni musik tinggi yang membuat penonton larut untuk ikut bernyanyi bersama sama.(h/rki).
 



Ikuti kami di