Harian Haluan

Harianhaluan.com

Wisata Budaya, Istana Pagaruyung Ramai Dikunjungi Wisatawan

Wisata Budaya, Istana Pagaruyung Ramai Dikunjungi Wisatawan
Sejumlah pengunjung di gerbang masuk Istana Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Senin (18/6). Rio 

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Tingkat kunjungan wisatawan ke Istana Basa Pagaruyung Tanah Datar, selama lebaran terus meningkat.

Salah seorang petugas keamanan Istana Basa Pagaruyung, Hendri mengatakan, peningkatan itu berkaitan dengan libur panjang hari raya. 

"Sejak hari kedua lebaran hingga hari ini, pengunjung sangat pesat. Hari ini, pukul 08.00 WIB wisatawan sudah mulai mengantri di loket untuk beli karcis," katanya saat ditemui haluan, Senin (18/6).

Menurut dia, kunjungan tersebut masih didominasi oleh wisatawan dalam negeri. Dan saat ini Istano Pagaruyuang memiliki tiga orang pemandu yang juga bisa memberikan informasi yang dibutuhkan. 

Objek wisata Istana Pagaruyung ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga. Orang tua pun dapat memberikan dan pemahaman kepada anaknya tentang sejarah masa lampau, dengan tujuan agar sejarah yang ada tak tenggelam dengan zaman yang terus berubah. 

Sementara itu salah seorang pengunjung Istana Pagaruyuang asal Sungai Tarab, Feni (34) menuturkan, ia sengaja menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pagaruyuang bersama rombongan karena ingin melihat berbagai kemegahan bangunan istana. 

"Bangunan Istana Pagaruyuang sangat unik, saya beserta keluarga juga dapat mengabadikan momen di luar istana maupun di dalamnya.  Serta mengenal dan mengetahui sejarah Pagaruyuang itu sendiri" ujarnya. 

Disisi lainnya para petugas parkir meraup untung yang lumayan besar. Dari pantauan Haluan terlihat banyak petugas parkir mondar mandiri di bibir Istana Pagaruyung tersebut. 

Seorang petugas parkir, Anton (22) mengungkapkan, dalam beberapa hari lebaran ini kami lebih banyak mendapat rezeki di banding hari-hari biasa.

"Ya ada sampai sekitar 500 ribu perharinya," ujarnya. (h/mg-rio).

Ikuti kami di