Harian Haluan

Harianhaluan.com

4 KEPALA DAERAH KUMPUL DI SRG

Bersepakat Majukan Pariwisata Sumbar

Bersepakat Majukan Pariwisata Sumbar
Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria bersama Bupati Dharmasraya, Sutan Riska, Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias dan Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi kompak memajukan pariwisata Sumbar saat berada dikawasan SRG, Solsel, Minggu (24/6). IST 

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Empat kepala daerah di Sumatra Barat berkumpul di kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) Solok Selatan (Solsel), Minggu (24/6). Mereka, tuan rumah H. Muzni Zakaria selaku Bupati Solok Selatan, Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias dan Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi bersepakat memajukan pariwisata di provinsi ini.

"Kami berempat sudah sepakat untuk memajukan pariwisata di Sumbar. Dan dengan sinergitas yang baik, kami yakin dalam waktu yang tidak terlalu lama. Insyaallah dalam waktu yang tidak terlalu lama, kita yakin akan melahirkan Bali ke-2 di Indonesia," kata Muzni optimis saat menerima kunjungan rombongan pada Minggu (24/6). 

Sebelumnya, pada Sabtu (23/6) malam, rombongan yang berjumlah 150 orang dengan mengendarai 50-an kendaraan yang didominasi mobil Hartop menginap di berbagai homestay yang ada di kawasan SRG.

Muzni mengatakan, setelah Idul Fitri, dia bersama Bupati Agam, Indra Catri, telah berhalalbihalal di rumah gadang terpanjang di Indonesia, Nagari Abai, Solsel. 

Kunjungan ke SRG bukan hanya oleh para kepala daerah, tetapi juga turut serta Dandim 0304 Agam, Dandim 0309 Solok, Wakil Ketua DPRD Bukittinggi Yontrimansyah, Wakil Ketua DPRD Solsel, Armen Syahjohan, investor, para OPD, serta komunitas mobil Hartop Sumbar.
Bupati Solsel, H. Muzni Zakaria menyampaikan apresiasinya terhadap kehadiran para kepala daerah di kawasan yang tahun ini akan direvitalisasi oleh pemerintah pusat dengan kucuran dana hingga Rp 110 miliar tersebut.

Bupati menjelaskan kehadiran Bupati Dharmasraya, Walikota Bukittinggi, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh ke SRG dalam kunjungan muhibah kepariwisataan tersebut, menjadi kehormatan tersendiri bagi masyarakat dan pemerintah Solsel. "Kami meyakini para kepala daerah tersebut terbukti mempunyai visi yang jelas untuk kemajuan pariwisata di Sumbar khususnya, dan siap untuk bersinergi antara satu daerah dengan daerah lainnya," tutur Muzni.

Muzni juga berterima kasih atas penyediaan space reklame gratis di Bukitinggi oleh Wali Kota, Ramlan Nurmatias dan tempat lainnya untuk promosi wisata Solsel dan SRG khususnya. Muzni juga menyinggung tentang usaha-usaha yang terus dilakukan untuk mempromosikan daerah tersebut agar dapat dikunjungi banyak wisatawan. "Salah satu inovasinya yakni penyediaan Bus gratis oleh Pemkab Solsel, antar dan jemput wisatawan ke berbagai daerah untuk berkunjung ke sini," tuturnya.

Sementara, Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menyampaikan kekagumannya terhadap SRG. "Saya sudah kemana-mana di Nusantara. Dan tidak ada yang menandingi keindahan alam dan budaya di Sumbar. Ini sungguh luar biasa. Rumah gadang yang begitu banyak ini merupakan aset budaya berharga yang tidak dimiliki daerah lain. Saya juga akan kembali kesini dan membawa serta keluarga untuk merasakan sensasi menginap di SRG," ucapnya mengapresiasi.

Senada, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan juga mengajak masyarakat untuk mendukung proses revitalisasi SRG. "Beliau (Muzni Zakaria.red) bolak-balik ke pemerintah pusat dengan satu tujuan agar dapat memajukan kabupaten Solsel ini. Dan untuk mendapatkan kepercayaan dari pemerintah pusat itu tentu tidaklah gampang," kata Sutan Riska.
Terpisah, Kabag Humas Sekdakab Solsel, Firdaus Firman mengatakan kedatangan para kepala daerah tersebut tentu diharapkan berdampak positif terhadap sinergitas dalam memajukan pariwisata ke depannya. "Perlu dukungan antara satu daerah dengan daerah lainnya dalam memajukan pariwisata," kata Firdaus.

Firdaus menambahkan, rombongan berangkat dari Bukittinggi pada Sabtu dan terus ke Payakumbuh, Dharmasraya. Dan masuk ke Solsel melalui Sungai Rumbai terus ke Sangir Balai Janggo, Solsel. "Rencana akan mengunjungi beberapa objek wisata, termasuk Goa Batu Kapal. Namun, karna keterbatasan waktu, belum jadi sekarang. Semoga lain waktu," ucapnya. (adv)

Ikuti kami di