Harian Haluan

Harianhaluan.com

Pasca Bencana, Masyarakat Bukik Malintang Bangun Jembatan Darurat

Pasca Bencana, Masyarakat Bukik Malintang  Bangun Jembatan Darurat
Bupati Agam Indra Catri meninjau lokasi jalan Ambrol di Bukik Malintang. KASRA 

AGAM, HARIANHALUAN.COM-Masyarakat Bukik Malintang , Nagari Tiku Utara, kecamatan Tanjung Mutiara bergotong royong membangun jembatan darurat pada ruas jalan yang ambrol dihantam luapan air sungai Batang Tiku.

Gotong royong dipimpin camat setempat Yogi Astrian terkendala akibat hujan yang masih turun dan debit air sungai Batang Tiku masih tinggi, sehingga menyulitkan tim penanganan bekerja optimal di lokasi kejadian.  "Namun untuk sementara jalan tersebut telah dapat dilewati kendaraan roda dua, perbaikan akan terus dilanjutkan hingga transportasi kembali normal seperti sedia kala,"  kata Camat  Yogi.

Pembangunan jembatan darurat dilakukan dengan menyusun kantong pasir dan menggunakan kayu sebagai lantai jembatan untuk melewatkan kendaraan.

Sementara itu Bupati Agam H.Indra Catri bersama Kepala DPUTR Agam Yunaldi dan kepala BPBD Agam M. Lutfie meninjau lokasi bencana, Minggu (24/6) kemarin.

Di lokasi bupati menginstruksikan kepada Kadinas PUTR dan kepala BPBD Agam untuk mempelajari kondisi lapangan dan melakukan penanganan tuntas agar ancaman serupa dapat dihindari.

Ruas jalan ini telah beberapa kali ambruk akibat kondisi tanah yang lunak dan luapan sungai Batang Tiku. Oleh karena itu perlu penelitian dan penangan serius lebih baik untuk perbaikan secara permanen agar kejadian serupa tidak terus berulang.(h/ks)
 

Ikuti kami di