Harian Haluan

Harianhaluan.com

Orang Mirip Terpidana Korupsi Rp62,5 Miliar Kepergok Jalan-jalan di Bukittinggi

Orang Mirip Terpidana Korupsi Rp62,5 Miliar Kepergok Jalan-jalan di Bukittinggi
Foto yang diduga Yusafni Ajo. 

PADANG, HALUAN - Group WhatsApp Jurnalis Sumbar Raya (JSR) dihebohkan dengan beredarnya foto orang mirip Yusafni Ajo, terpidana korupsi Rp62,5 Miliar yang sedang menjalani masa tahanan di Rutan Anak Aia, Padang. Yusafni sebelumnya divonis 9 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Padang.

Dalam foto yang disebut diambil di Kota Bukittinggi, orang mirip Yusafni terlihat memakai baju merah, dengan topi hitam. Dia berdiri di depan bangunan. Di belakangnya, ada mobil SUV. "Siang rekan-rekan, ada warga Bukittinggi yang memfoto Yusafni sedang berada di Bukittinggi. Kakanwil Kemenkumham membenarkan keberangkatan terpidana korupsi tersebut. Silakan yang mau konfirmasi ulang," tulis wartawan yang mengabarkan sembari memposting foto orang yang mirip Yusafni, Selasa (10/7) sore.

Kontan informasi itu membuat heboh. Apalagi kasus yang menyeret Yusafni merupakan kasus dengan total kerugian terbesar sepanjang upaya pemberantasan korupsi di Sumbar. Beberapa wartawan akhirnya mencoba menghubungi Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Dwi Prasetyo.

Hasil konfirmasi Mario, salah seorang wartawan online di Sumbar, Kakanwil Kemenkumham langsung melakukan penelusuran, termasuk kepada Yusafni. Awalnya, pihak-pihak yang ditanyao tidak mengaku. Namun, setelah Kakanwil memperlihatkan foto yang dikirim oleh wartawan, baru ada pengakuan.

"Tadinya ndak ngaku. Terus saya kasih foto dari kamu Rio, baru dia ngaku," tulis Dwi Prasetyo dalam percakapan WhatsApp yang discreenshot Mario dan dikirimkan ke group WhatsApp Jurnalis Sumbar Raya.

Kakanwil Mengaku geram dengan kinerja anak buahnya. "Makanya saya sering bilang, masih ada pengkhianat diantara petugas. Geram saya kalau seperti ini," ujar Kakanwil.

Sampai berita ini diturunkan, Haluan masih berupaya menghubungi jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar untuk mendapatkan informasi secara detail. (h/mg-ren) 

Loading...
Loading...
Loading...