Harian Haluan

Harianhaluan.com

Jon Mathias Digadang-gadang Jadi Bupati Solsel

Jon Mathias Digadang-gadang Jadi Bupati Solsel
Jon Mathias diskusi bersama wartawan di rumah orang tuanya di Sungai Cangkau, Sungai Pagu. JEFLI 

 

 

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM—Meski Pilkada Solok Selatan masih lama, namun masyarakat sudah mulai menyebut-nyebut calon pengganti Muzni Zakaria. Salah satu nama yang hangat diperbincangan oleh masyarakat  Solok Selatan adalah Jon Mathias sebagai penerus Muzni Zakaria.

 

 

Saat ini, Jon Mathias tercatat sebagai wakil ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumatra Barat. Sudah ada modal untuk menjalin komunikasi politik untuk langkah berikutnya.

 

Bagi Jon Mathias sendiri, hal tersebut dirasakannya sebagai bentuk apresiasi tersendiri dari masyarakat. Dia sebenarnya memang ingin bersama masyarakat membangun daerahnya. Namun, untuk maju dan bertarung dalam pilkada banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan. “Kita lihat-lihat dulu lah,” katanya ketika berdiskusi dengan sejumlah wartawan, Senin malam (9/7) di rumah orang tuanya di daerah Sungai Cangkau, Muara Labuah.

 

Sebagai putra daerah, dirinya memang merasa terpanggil untuk mengabdi di kampung halaman. “Jujur saya sampaikan, saya tidak memiliki ambisi pribadi untuk maju sebagai Bupati Solsel,” katanya.

 

Dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, Solsel semestinya ‘kaya’. Kekayaan alam seperti emas, perak, nikel, biji besi dan lainnya yang dimiliki, bisa memberi manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat. “Ini kan belum kita kelola dengan baik. Mengelola itu semua, diperlukan modal besar dan teknologi tinggi,” sebutnya.

 

Pengelolaannya dengan melibatkan masyarakat secara penuh, sehingga hasil alam yang dikelola bisa memberi manfaat besar bagi lingkungan dan masyarakat. Demikian juga dengan sektor lain, seperti perkebunan sawit dan teh. Mesti dengan hitung-hitungan ‘jelas’ dengan masyarakat. Sehingga keberadaannya, lebih mensejahterakan.

 

Seandainya maju dalam pilkada nanti, Jon hanya akan maju dengan partai yang bisa menghargai pemikiran dan program kerjanya. “Kita tidak akan ‘membeli’ partai untuk maju. Kita ingin maju dengan partai yang memiliki keinginan sama untuk membangun Solsel," ucapnya. (h/jef)

Loading...
Loading...
Loading...