Harian Haluan

Harianhaluan.com

Jelang Idul Adha, Petugas Ini Periksa Mata Hingga Kelamin Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Petugas Ini Periksa Mata Hingga Kelamin Hewan Kurban
 Petugas saat melakukan pemeriksaan pada hewan kurban di Kabupaten Agam, Jumat (10/8). IST 

 

AGAM, HARIANHALUAN.COM— Sebanyak  44 petugas kesehatan melalukan pemeriksaan untuk memastikan kesehatan  hewan qurban yang bakal disembelih pada saat Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah di Kabupaten Agam.

Kasi Kesmavet Dinas Pertanian Agam Iswan Hendri, mengatakan,  Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pertanian akan selektif serta terlibat dalam memeriksa  kesehatan hewan yang disembelih.

Pemeriksaan tersebut akan dilaksanakan pada 20 hingga 24 Agustus 2018. Meski demikian, sudah ada petugas yang sudah turun melakukan pemeriksaan pada sejumlah kecamatan. Sejauh ini kegiatan berjalan dengan sangat baik.

Ia menjelaskan,  para petugas tersebut terdiri atas pegawai Dinas Pertanian dan dokter hewan yang tersebar di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Agam.

"Sebanyak 5 petugas dari kabupaten, dan 39 petugas kesehatan dari kecamatan," katanya, Jumat (10/8).

Ia mengatakan, pemeriksaan dilakukan secara keseluruhan terutama bagian mata, alat kelamin anus, telinga, hidung, mulut, kulit. Pemeriksaan sangat penting agar hewan yang disembelih benar-benar sehat tidak terkena penyakit. 

 "Hewan harus sehat tidak pincang, tidak ada cacat pada tanduk, cukup umur. Kemudian secara fisik harus sehat, tidak kurus dan tidak lemah kaki, tidak buta. Kriteria yang harus dipenuhi seekor hewan kurban," katanya. 

Ia menambahkan, pada  tahun 2018 jumlah pemotongan hewan qurban diprediksi sebanyak 5.293 ekor dengan rincian 5.004 ekor sapi/kerbau dan 289 ekor kambing. Jumlah tersebut meningkat 2,67 persen dibanding tahun 2017. (h/yat)

 

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...