Harian Haluan

Harianhaluan.com

Tak Penuhi Syarat, 76 Bacaleg DPRD Sumbar Terlempar dari DCS

Tak Penuhi Syarat, 76 Bacaleg DPRD Sumbar Terlempar dari DCS
Pileg 2019. ILUSTRASI 

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Sebanyak  76  orang  Bacaleg  untuk  Pileg DPRD Sumbar 2019,    terlempar dari Daftar Calon Sementara (DCS)  yang akan diumumkan, Sabtu  (11/8).   

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar memutuskan sebanyak   76 orang bakal calon legislatif  DPRD Sumbar tersebut, dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), dan 910 bacaleg yang memenuhi syarat (MS).

Devisi Teknis, Program dan Data KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan setelah KPU Sumbar melakukan verifikasi berkas perbaikan pencalonan bagi bacaleg DPRD Sumbar, diketahui ada 76 bacaleg tidak lolos alias TMS.

"Bacaleg yang TMS itu tersebar di delapan daerah pemilihan (Dapil) di Sumbar, yang berasal dari delapan partai peserta pemilu," kata Izwaryani menjawab harianhaluan.com, Jumat (10/8). 

Namun ia menyatakan, belum berwenang membeberkan lebih rinci nama bacaleg dan parpol tersebut.  

Dikatakannya, bacaleg yang TMS itu, kebanyakan partai tidak melakukan perbaikan pada waktu yang telah diberikan oleh KPU.

"Itu yang banyak kita temukan. Ada permasalahan lainnya, seperti persyaratan yang mestinya ada, sehingga tidak memenuhi syarat," katanya. 

Dijelaskannya, ada partai yang bacalegnya dinyatakan TMS dalam satu Dapil, dan juga ada yang dalam satu Dapil itu satu orang yang TMS.

"Jadi yang  sudah  TMS saat ini, parpol tidak bisa lagi untuk melakukan perbaikan," ujarnya. (dn/mg-hen). 

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...