Harian Haluan

Harianhaluan.com

BCA Sumbar Salurkan 1.332 Kartu GPN

BCA Sumbar Salurkan 1.332 Kartu GPN
GPN Gold 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sejak resmi diluncurkan April lalu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Sumbar sudah menyalurkan 1.332 kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Penyaluran kartu berlogo GPN ini sudah melampau target 1.100 kartu yang diberikan BCA Pusat sampai akhir Desember 2018 ini.

Kepala BCA Wilayah Padang, Irawady mengatakan, penyaluran 1.332 kartu ini merupakan data penyaluran sampai dengan 9 Agustus 2018. "Secara nasional, sampai akhir Juni lalu BCA telah merilis lebih dari 75 ribu kartu BCA GPN dari total 16.5 juta kartu BCA," katanya saat ditemui Haluan di Kantor Utama BCA Wilayah Padang, Sawahan, Selasa (14/8).

Ia mengatakan, proses penukaran kartu BCA berlogo GPN sudah mulai diluncurkan pada 16 April lalu. Proses penukaran kartu dapat dilakukan oleh nasabah di seluruh cabang BCA yang ada di Sumbar. "Sedangkan kampanye GPN yang dilakukan di Sumbar itu pada 29 Juli lalu yang dihadiri semua perbankan yang ada di Sumbar. Serta 4 Agustus lalu juga diadakan acara penukaran kartu berlogo GPN di Transmart Padang," ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan, BCA selalu melakukan sosialisasi terkait penukaran kartu melalui media internal BCA seperti tv plasma di setiap cabang, majalah info BCA, dan TV matrix BCA. "Kita juga sudah melakukan konferensi pers terkait peluncuran ini April lalu. Selain itu kita juga sudah memuat artikel di beberapa media nasional dan media lokal," katanya.

Dengan menggunakan kartu debit berlogo GPN ini, sebut Irawady, masyarakat akan banyak mendapat keuntungan seperti biaya administrasi kartu yang lebih murah Rp1000 dibandingkan dengan kartu yang belum berlogo GPN. Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakan kartu transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia. "Masyarakat juga bisa bertransaksi lebih nyaman dan aman, karena telah dilengkapi keamanan yang terstandarisasi. Selain itu, dengan menggunakan kartu berlogo GPN ini kita bisa memperkuat ketahanan nasional karena dengan ini diharapkan terjadi kemandirian sistem pembayaran nasional," ujarnya.

Meski sudah mencapai target, Irawady mengatakan, BCA Wilayah Padang akan terus gencar menyosialisasikan agar jumlah masyarakat yang akan menukarkan kartunya terus bertambah. "BCA sangat mendukung dan siap untuk menyukseskan program penukaran kartu ke kartu debit berlogo GPN," ucapnya.

Sebanyak 29 bank di Sumatera Barat siap mengikuti ketentuan BI untuk secara bertahap mengganti kartu debit atau ATM nasabah dengan kartu baru Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) berlogo garuda. Hingga akhir 2018, Kantor Perwakilan BI Sumbar menargetkan 30 persen kartu ATM lama sudah diganti dengan kartu baru berlogo GPN. “Paling lambat tahun 2023, semua bank harus pakai kartu GPN. Untuk itu, kami menghimbau semua bank dan termasuk masyarakat untuk aktif mengganti kartu ATM atau debet dengan kartu berlogo GPN,” kata Kepala BI Perwakilan Sumbar Endy Dwi Tjahjono.

BI mendorong masyarakat menggunakan kartu ATM atau debet GPN dengan melakukan penukaran kartu di bank terdekat. Untuk memfasilitasi penukaran kartu GPN, BI bekerja sama dengan perbankan menyelenggarakan Pekan Penukaran Kartu GPN di 17 wilayah yang tersebar di Indonesia selama periode  29 Juli sampai 4 Agustus 2018. Selanjutnya, kegiatan serupa dilakukan bertahap hingga Oktober 2018.

Di Padang, kampanye dan promosi GPN dilakukan BI bekerjasama dengan 16 bank dengan membuka stan penukaran kartu GPN sehari penuh di pusat perbelanjaan, akhir pekan lalu. Penukaran kartu yang hanya berlangsung selama satu hari tersebut sengaja digelar untukmempermudah nasabah menukarkan kartu sekaligus mengkampanyekan kartu ATM berlogo GPN yang sudah diwajibkan secara nasional.

Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Bank Nagari Sania Putra saat di lokasi menjelaskan bahwa bank nagari menyediakan sebanyak 300 ribu kartu GPN bagi nasabah yang ingin menukarkan kartu. Stan yang digelar juga untuk mengimbau masyarakat dan pengunjung supaya bisa menukarkan kartunya di Bank Nagari cabang mana saja.

Ia menjelaskan, bagi nasabah yang ingin menukarkan kartu hanya dengan syarat yang mudah saja. Cukup membawa identitas diri dan kartu ATM yang lama maka akan langsung diganti kartunya dengan yang baru berlogo GPN. "Penukaran kartu tersebut gratis tanpa ada pungutan biaya. Kemudian, bagi nasabah baru maka akan langsung bisa mendapatkan kartu GPN," tuturnya.

Manager Fungsi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah Keuangaan Inklusif dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Sumbar Ike Sri Utami menyampaikan bahwa stan yang digelar di tempat tersebut sebagai perkenalan kepada masyarakat yang belum tahu. Perbankan sengaja ‘jemput bola’ ke pusat keramaian untuk meningkatkan pemahaman masyarakat umum mengenai keharusan penggantian kartu ATM atau debet lama dengan kartu baru berlogo GPN.  “Sebenarnya penukaran kartu bisa dilakukan di masing-masing bank ATM atau debet. Penukaran di pusat keramaian ini, untuk memacu agar masyarakat lebih cepat tahu,” kata Ike.

Dari catatan BI, sejak diluncurkan awal Mei 2018, penetrasi kartu berlogo GPN sudah menyentuh 10 persen lebih total jumlah kartu ATM atau debet di Indonesia sebanyak 183,9 juta unit. Penggunaan kartu GPN diyakini akan memudahkan konsumen dan pemilik gerai usaha (merchant).

Sejumlah bank di Sumbar juga menyatakan kesiapannya untuk menyalurkan kartu ATM/debit berlogo GPN. Bank Rakyat Indonesia (BRI) misalnya, sudah 119 ribu kartu disalurkan untuk nasabah di Sumbar hingga Juli 2018. Bank Permata menyatakan akan menyalurkan 250 kartu hingga akhir 2018. Sementara itu, BCA sudah menyalurkan 530 kartu GPN dari target 1.160 kartu hingga akhir 2018. Sedangkan BTN, baru menyalurkan 210 kartu di Sumbar, dari targetnya 1.200 kartu GPN. (h/mg-mal)

Ikuti kami di