Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Semarak HUT ke-73 RI, Pawai Alegoris di Nagari Kotobaru Meriah

Semarak HUT ke-73 RI, Pawai Alegoris di Nagari Kotobaru Meriah
Meriah--Atraksi drumband badut kreasi pemuda jorong Simpang yang mengundang gelak tawa penonton, ikut memeriahkan perayaan HUT RI ke 73 di Nagari Kotobaru, Sabtu (18/8). YUTISWANDI 

AROSUKA, HARIANHALUAN--Ribuan warga Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok tumpah ruah menyaksikan pawai alegoris yang digelar nagari itu dalam rangka memeriahkan perayaan hari ulang tahun ke 73 kemerdekaan RI, Sabtu (17/8).

Pawai yang digelar sejak jam 10.00 WIB itu dimeriahkan dengan beragam penampilan menarik peserta. Mulai dari bocah-bocah dari murid PAUD, TK, SD, SMP dan SMA yang ada di nagari berpenduduk sekitar 28 ribu jiwa lebih itu.

Atraksi drumband diiringi penampilan budaya dengan beragam pakaian adat nusantara dan kearifan budaya lokal Minangkabau, mampu membius penonton untuk bertahan di tengah hingar bingar suara alat musik di bawah teriknya matahari siang itu. 

Kemeriahan perayaan HUT RI ke 73 itu kian terasa, kala rombongan perwakilan jorong menampilkan keunikan masing-masing.


Diawali dengan atraksi gendang Tabuik pemuda Jorong Lubuk Agung yang menampilkan harmonisasi unik, kemudian dilanjutkan dengan rombongan pemuda Jorong Bukik Kili yang menampilkan arak "Kawin Tapaso". Datuk Maringgih sebagai simbol mempelai pria dengan istri mudanya mampu menyedot animo penonton. 

Pemuda Jorong Simpang pun tak mau ketinggalan. Rombongan drumband dengan penampilan badut berpakaian daster perempuan pun mengundang gelak tawa. Urusan harmonisasi bunyi bukan ukuran, yang jelas meriah.

Tak ayal, Ketua DPRD H. Hardinalis Kobal, Staf Ahli Bupati Suharmen, Wali Nagari Kotobaru Afrizal Khaidir, Kapolsek Kubung AKP Afdimon dan sejumlah tamu yang duduk di panggung kehormatan di depan kantor Jorong Bawah Duku,  dibuat tertawa terbahak oleh atraksi pemuda kreatif ini.

Pawai alegoris yang dimulai dari korong Banda Rabuk Jorong Bawah Duku  ini ditutup dengan penampilan Bundo Kanduang Nagari Koto Baru yang menampilkan arak-arakan alek mambantai Jawi sepanjang 1 kilometer lengkap dengan pakaian hitam dan nasi kuningnya.

"Ini adalah perdana kita melaksanakan pawai alegoris tingkat nagari. Alhamdulillah berjalan sukses dan tepat waktu," kata Wali Nagari Koto Baru Afrizal Khaidir kepada Haluan.

Kesuksesan kegiatan ini kata dia, tak lepas dari kebersamaan semua elemen yang mendukung kegiatan itu, mulai dari pemuda, pemerintah jorong dan masyarakat setempat.

Selain pawai alegoris, perayaan HUT ke 73 RI ini juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan antar jorong dan ditutup dengan kegiatan resepsi dan dendang Kim berhadiah.

"Insyaa Allah kita akan adakan  kegiatan ini tiap tahun. Semoga tahun depan kita bisa menggelar lebih meriah dari tahun ini," ujarnya.

Kemeriahan HUT RI di nagari berpenduduk terpadat di Kabupaten Solok itu pun mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Kabupaten Solok H. Hardinalis Kobal. Menurutnya, hal itu kata dia, merupakan bukti bahwa semangat nasionalisme warga di nagari itu masih terjaga dengan baik.

"Salut dengan semangat warga di Nagari Koto Baru, yang dengan semangat "terbudur" ikut memeriahkan hari kemerdekaan bangsa ini," kata Kobal. (h/ndi)

 



Ikuti kami di