Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Di Kabupaten Solok, 3000 hewan Kurban Disembelih

Di Kabupaten Solok, 3000 hewan Kurban Disembelih
Ilustrasi (haluan) 

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Sebanyak 3000 ekor hewan kurban disembelih pada Iduladha 1439 H di Kabupaten Solok. Jumlah itu terdiri dari 2588 ekor sapi, 392 ekor kambing dan 10 ekor kerbau. Selain diselenggarakan oleh jemaah mesjid dan musolla, kurban tersebut juga dilaksanakan oleh instansi pemerintahan dan sekolah.

"Semuanya tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Solok. Itu baru data sementara yang kami terima pada sore kemaren, kemungkinan masih ada penambahan,"kata Kakan Kemenag Kab. Solok Drs. H. Alizar MA usai salat Iduladha di Gor Batu Batupang, Rabu (22/8).

Pihaknya mengapresiasi semangat kaum muslimin yang begitu antusias melaksanakan ibadah kurban sesuai tuntunan syari'at Islam. Karena dari pengamatannya, jumlah kurban di daerah itu selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Kami bangga dengan semangat kaum muslimin yang ikut berkurban. Bahkan jumlahnya dari tahun ke tahun selalu meningkat," ujar Alizar.


Alizar berharap, jumlah kurban  tersebut akan meningkat di tahun berikutnya. Karena  Allah mewajibkan bagi setiap muslim yang mampu dan belum punya kesempatan untuk menunaikan ibadah haji untuk ikut berkurban.

"Momen kurban tak hanya menjadi ibadah bagi ummat muslim, tapi ini juga momentum untuk saling berbagi dengan kaum duafa dan masyarakat yang ada di sekitar kita," katanya.

Peningkatan jumlah hewan kurban juga terjadi di nagari Kotobaru kecamatan Kubung. Sebanyak 198 ekor sapi dan 22 ekor kambing juga disembelih di nagari berpenduduk terpadat di Kabupaten Solok itu. Jumlah terbanyak terdapat di Jorong Subarang, yaitu 46 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Menyusul Jorong Simpang Sawah Baliak sebanyak 32 ekor sapi, jorong Kajai 27 ekor sapi dan 7 ekor kambing, Jorong Bawah Duku 21 ekor sapi dan 7 ekor kambing. 

Jorong perwakilan perum Batukubung sebanyak 19 ekor sapi, jorong bukik kili 17 ekor sapi, jorong Simpang 16 ekor sapi 9 ekor kambing. Jorong Lubuk Aguang 18 ekor Sapi. Sama dengan daerah lain, penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan di setiap mesjid dan musola di nagari itu.

 "Waktu penyembelihannya ada yang sudah melaksanakan usai sholat Id dan ada juga yang melaksanakan keesokan harinya (tiga hari tasyrik)," kata Wali Nagari Koto Baru Afrizal Khaidir yang dihubungi terpisah. (h/ndi).

 

 



Ikuti kami di