Harian Haluan

Harianhaluan.com

Gubernur Sumbar Minta  Garuda Turunkan Harga Tiket Padang-Jakarta

Gubernur Sumbar Minta  Garuda Turunkan Harga Tiket Padang-Jakarta
Bandara Internasional Minangkabau.ILUSTRASI 

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengkritisi harga tiket Garuda Indonesia rute Padang-Jakarta yang terbilang cukup mahal. Ia juga meminta Garuda menambah jadwal penerbangan untuk menekan harga tersebut.

"Saya sudah menyurati maskapai Garuda supaya bisa menurunkan harga tiket rute Jakarta. Karena patokan tarif teratas kita rasa cukup tinggi dan ini perlu diturunkan," katanya.

Gubernur menjelaskan, harga tiket Garuda yang cukup mahal dikuatirkan akan mempengaruhi perekonomian Sumbar dan lemahnya wisatawan yang masuk ke Sumbar. Selain itu, harga tiket Garuda juga menjadi patokan maskapai lain untuk memasang harga.

"Jelas mempengaruhi perekonomian karena wisatawan luar Sumbar pasti enggan masuk ke Sumbar dengan harga tiket yang sangat mahal. Jika harganya standard dan terjangkau kita yakin juga banyak memilih naik pesawat dibanding bus yang memakan waktu diperjalanan," terangnya, Jumat (31/8).

Ia juga menyampaikan, terkait hal tersebut Mentri Perhubungan juga telah menyetujui soal permintaan usulan penurunan harga tiket pesawat plat merah tersebut. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat keinginan kita ini bisa segera terwujud. Jika harga Garuda turun maka maskapai lain tidak mungkin akan lebih dari Garuda," tutur Irwan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P Lampe menuturkan bahwa permintaan Gubernur Sumbar akan ditanggapi secepat mungkin. Selain penurunan tarif teratas Garuda, is juga pihaknya juga akan segera menambah jadwal penerbangan.

"Jadwal penerbangan kita untuk Padang--Jakarta itu biasanya tujuh kali dalam sehari. Ke depan akan kita tambahkan menjadi delapan kali dalam sehari. Otomatis harga tiket akan turun dari biasanya. Meski demikian dalam pelayanan kita akan tetap mengutamakannya," katanya. (h/win)
 

Ikuti kami di