Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata

Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata
Screenshot 

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Puluhan praktisi dan pemerhati pariwisata yang berhimpun dalam tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Terpadu (TP3T) Kabupaten Solok melakukan pertemuan untuk mewujudkan program kepariwisataan pekan lalu. Pertemuan ini dilakukan guna menyamakan persepsi tentang Indonesian Sustainable Tourism Award (ISTA).

Nagari Jawi-jawi di Kecamatan Gunung Talang yang sejak awal diusung sebagai salah satu piloting kampung budaya yang diusulkan kepada Kemenpar RI oleh Direktur TDC Unand, Dr Sari Lenggogeni dan Pemkab Solok, terus menjadi bahasan serius untuk dikembangkan.

Kepala Seksi Program Dinas Pariwisata, Nolly Eka Mardianto dalam keterangannya menyebutkan, dalam kerangka penyamaan persepsi dimaksud, sekaligus dilakukan pembahasan untuk kunjungan wisatawan lanjutan yang sudah banyak direquest (dipesan) oleh paket wisata dari tour and travel.

"Kampung wisata budaya Jawi-jawi sudah banyak yang ingin mengunjunginya. Sebagai destinasi budaya, perlu dipersiapkan secara matang dan komprehensif," papar Nolly.

Persiapan itu lebih kuat arahnya kepada pemahaman semua stakeholder, pemerintah nagari, masyarakat dan praktisi pariwisata itu sendiri. Bagaimana menjadikan kultur Nagari Jawi-jawi semakin terjaga dalam budaya sehari-hari. (h/ndi)

Ikuti kami di