Harian Haluan

Harianhaluan.com

ACT Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang Kabupaten Solok

ACT Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang Kabupaten Solok
Tim Rescue Cepat Relawan ACT-MRI menyalurkan bantuan untuk dua nagari yang terdampak banjir bandang di Nagari Kinari dan Muaro Panas Kabupaten Solok. YESSI 

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Tim Rescue Cepat Relawan ACT-MRI menyalurkan bantuan untuk dua nagari yang terdampak banjir bandang di Nagari Kinari dan Muaro Panas Kabupaten Solok, Sabtu (8/9). Penyerahan secara simbolis dilakukan perwakilan ACT kepada Wali Nagari kedua nagari tersebut.

Dihubungi HaianHaluan.Com, Minggu (9/9) Dana Kurnia selaku marketing komunikasi ACT Sumbar mengatakan, selain memberikan bantuan logistik, relawan ACT-MRI juga ikut turun ke lapangan membersihkan rumah warga dan fasilitas umum yang terdampak banjir bandang.

"Bantuan banyak, berupa pakaian yang masih layak, ada juga jilbab, beberapa sembako seperti minyak goreng, beras, makanan bayi, dan mie instan. Selain itu relawan yang turun ke lokasi juga ikut bantu bersih-bersih beberapa tempat dari sisa lumpur yang terbawa banjir tempo hari," ungkap nya.

Ditambahkan Dana, relawan yang bertugas antara lain Rasyid Ridho, Aprishindy Putri Oliyan, Rahmad Mulyadi, Kiki Denanda, Carissavany Agrepina.

Data yang dihimpun ACT, kondisi terkini yang dilaporkan relawan yang turun ke lapangan, lokasi masih dipenuhi lumpur dan rumah warga masih terendam banjir. Cuaca saat ini masih mendung dan diperkirakan akan turun hujan kembali.

Banjir bandang yang menyerang pemukiman warga di beberapa wilayah, di Nagari Kinari dan Nagari Muaro Panas Kabupaten Solok bermula dari hujan deras sejak pukul 17.00 - 22.00 WIB, Kamis (6/9) hingga sebabkan air sungai meluap.

Sedikitnya sekitar 800 rumah, puluhan bangunan perkantoran dan sekolah, beberapa tempat ibadah, dan ratusan hektar sawah tercatat rusak terkena dampak bencana ini. Menurut pantauan relawan ACT di lapangan warga setempat masih sangat membutuhkan bantuan berupa kebutuhan logistik.

"Sampai sekarang kebutuhan mendesak kedua nagari yaitu air bersih, logistik, pakaian, selimut, alas tidur/tikar, peralatan sekolah hingga peralatan Ibadah," ungkap Kiki selaku koordinator lapangan relawan ACT Sumbar. (Mg-Yes)



Ikuti kami di