Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Wali Kota di Perancis Ini Tertarik Kembangkan Minyak Atsiri di Kabupaten Solok

Wali Kota di Perancis Ini Tertarik Kembangkan Minyak Atsiri di Kabupaten Solok
Senator DPD RI asal Sumbar H. Nofi Candra bersama walikota Walikota Merseille, Jean Claude Gaudin di sela kunjungan Komite I DPD RI ke Marseille Perancis. ist 

 

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Kekayaan alam Kabupaten Solok kembali dilirik negara luar untuk dikembangkan. Salah satunya potensi minyak atsiri yang menjadi bahan dasar minyak wangi.

Hal ini diungkapkan oleh senator DPD RI Nofi Candra di sela kunjungan Komite I DPD RI ke Marseille Perancis.

Melalui relisnya kepada Haluan, Sabtu (22/9), Anggota Komite I DPD RI melakukan kunjungan Ke Perancis selama satu pekan dari tsnggal 16 sampai  23 september 2018.

Kunjungan tersebut dalam rangkaian  penyusunan RUU tentang percepatan pembangunan daerah. " Pada kunjungan ini kami (para Senator) berkesempatan berdiskusi dengan Walikota Merseille, Jean Claude Gaudin," kata Nofi Candra melalui pesan whatsappsnya.

Dalam pertemuan tersebut menghasilkan pelbagai ide dan pemikiran terkait potensi, peluang bisnis dan pengembangan ekonomi di Indonesia khususnya di Sumatera Barat, seperti sektor wisata, hasil bumi, budaya dan kopi. 

Anggota DPD RI, Nofi Candra, Dapil Sumatera Barat tersebut mengatakan Pemerintah Marseille, Perancis dengan  difasilitasi Konsulat jenderal Kedubes RI di Kota Marseille, Asianto Sinambela tersebut, beberapa perusahaan yang bergerak di bidang wisata, kopi dan kuliner berkantor pusat di Merseille memiliki jaringan wisata internasional seperti yang disampaikan otoritas Kota Marseille.

“Hal ini merupakan peluang untuk Sumbar sebagai salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan wisata dan kulinernya " sebut Nofi Candra yang mengaku secara intens berdiskusi dengan Konjen dan pihak otoritas kota di Merseille.

Jean Claude Gaudin ujar Nofi, mengatakan peluang Sumbar sebagai sasaran wisata sangat tinggi karena daerah ini  terdapat di berbagai  pantai dan gunung. Selain itu, Wali Kota Marseille tertarik dengan minyak Atsiri yang terkenal di Prancis. 

“ Jean Claude Gaudin bahkan akan mengirimkan pengusaha ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat  untuk melihat potensi minyak atsiri, sekaligus Prancis ingin berinvestasi pada bidang ini,”ujar NC panggilan akrab senator asal Kabupaten Solok ini.

Menyambut pernyataan Wali Kota Merseille, Nofi Candra, berharap Perancis melirik produk-produk unggulan yang terdapat di Sumatera Barat. “Jika memang Perancis tertarik berinvestasi terhadap pengembangan minyak atsiri kita sambut positif. Apalagi pemerintah Prancis melihat tingginya permintaan terhadap minyak atsiri ini,” tambahnya. (h/ndi/rel)

 

 

Ikuti kami di