Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Proyek Kota Pintar Padang Pariaman Mulai Berjalan

Proyek Kota Pintar Padang Pariaman Mulai Berjalan
KOTA PINTAR PADANG PARIAMAN--Penyerahan SK dari Suhatri Bur-Wakil Bupati Padang Pariaman kepada Adi Aviantoro-Country Manager Dassault Systèmes Indonesia, di Parit Malintang, Minggu (23/9). IST 

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni secara resmi menyerahkan Surat Keputusan steering commitee kepada Dassault Systèmes sebagai bentuk dimulainya pengerjaan proyek pmplementasi kota pintar Padang Pariaman.

Pada acara itu juga ada penyerahan dokumen Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pertama di Sumatra Barat ke PT Palu GMA Refinery Consortium (PGRC), dan penyerahan dokumen KEK.

"Ini menandai langkah selanjutnya bagi Padang Pariaman untuk menjadi model kota pintar yang memanfaatkan teknologi kelas dunia dalam pembangunan infrastruktur dan membangun sumber energi berkelanjutan," ujar Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni di Parit Malintang, Minggu (23/9).

Country Manager Dassault Systèmes untuk Indonesia, Adi Aviantoro, mengatakan, inovasi dalam penggunaan energi berkelanjutan akan menjadi komponen inti strategi digital di Padang Pariaman.


"Pertanian adalah pilar ekonomi utama bagi Padang Pariaman, sebab itulah strategi kami akan memastikan bahwa dampak lingkungan dari modernisasi dan infrastruktur di kabupaten akan positif dan berkelanjutan," tuturnya.

Sementara CEO PGRC, Mohammad Rusydi, menambahkan, pihaknya ingin berkontribusi dalam visi kota pintar Padang Pariaman yang berkelanjutan.

"Ini sejalan dengan komitmen kami untuk menyediakan fasilitas energi bersih untuk kota-kota di Indonesia dan di Asia guna mengurangi dampak lingkungan dari urbanisasi, katanya.

Pembangkit listrik tenaga surya ini dirancang dan dibangun oleh PT Palu GMA Refinery Consortium (PGRC) dengan menggunakan platform 3DEXPERIENCE milik Dassault Systèmes. Pembanguan dilakukan di Kawasan Terpadu Tarok, Kecamatan 2x 11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman.

Dengan langkah itu, pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan terus mendukung dan meningkatkan teknologi platform 3DEXPERIENCE pada ‘Proyek Implementasi Smart City’, yang diumumkan pada upacara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama Dassault Systèmes saat World Cities Summit 2018.(h/rel)



Ikuti kami di