Harian Haluan

Harianhaluan.com

Heboh Rendang 1,6 Ton dari Sumbar Tak Sampai ke Korban di Palu, Ini Kata Wagub

Heboh Rendang 1,6 Ton dari Sumbar Tak Sampai ke Korban di Palu, Ini Kata Wagub
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit saat mengunjungi korban gempa dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (10/10). Humas Pemprov Sumbar  

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Berita bohong atau hoaks kembali beredar di media sosial. Kali ini membuat heboh warga net (netizen) khususnya di Sumatera Barat.

Dalam informasi itu, dikatakan rendang 1,6 ton yang disumbangkan masyarakat Sumatera Barat tidak sampai ke tangan para korban gempa tsunami di Palu dan Donggala.

Dari penelusuran harianhaluan.com, informasi itu disebar di media sosial facebook. Salah satu akun bernama Bunga membagikan informasi itu di grup Info Kota Palu pada Selasa (9/10) 19.57 WIB.

"Dimohon kepada seluruh warga masyarakat kota palu, jangan berharap banyak dgn RENDANG YG 1 TON,,,,KCUALI ADA kluarga di DINDOS," tulisnya.

Selain itu, akun tersebut mengunggah tangkapan layar (screenshot) percakapan seorang yang menyatakan mendapat rendang dari salah keluarganya yang bekerja di dinsos setempat. Dan yang mendapatkan rendang itu hanya orang tertentu.

Unggahan itu dibagikan oleh akun lainnnya sebanyak 320 kali, dan dikomentari sebanyak 226. Innformasi itu cepat menyebar hingga membuat heboh warga net di Sumatera Barat.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit yang berada di Palu saat dihubungi harianhaluan.com, Rabu (10/10) mengatakan, rendang tersebut sudah dibagikan kepada korban di Palu.

"Selain rendang, Rp1 miliar bantuan juga sudah diserahkan ke gubernur (Sulteng) dan Rp150 juta dari Baznas Sumbar juga sudah kami serahkan ke masyarakat minang," ujar mantan Bupati Pessel itu.

Terkait informasi rendang yang tidak sampai ke tangan korban, Nasrul Abit menjelaskan, bahwa ia sudah mengintruksikan agar rendang tersebut diletakkan di dapur umum, tidak dibagikan langsung ke rumah-rumah.

"Mungkin ada yang menjanjikan kali (ke rumah-rumah). Jadi lokasinya itu di dapur umum, di polres, dekat rumah gubernur juga ada. Saya ikut membagikan rendang itu, mereka sangat antusias, bahkan warga berkata 'ini yang kami tunggu-tunggu pak'," ujarnya menirukan warga.(h/mat)

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...