Harian Haluan

Harianhaluan.com

Ada Longsor dan Pohon Tumbang di Sawahlunto

Ada Longsor dan Pohon Tumbang di Sawahlunto
Alat berat tengah membersihkan material tanah longsor di Desa BBS Kecamatan Barangin Sawahlunto. RIKI YUHERMAN 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-Angin kencang yang disertai hujan deras yang mengguyur Kota Sawahlunto sejak Kamis sore (11/10) hingga Jumat (12/10) mengakibatkan beberapa titik longsor dan pohon tumbang.

Data dari Badan Kesatuan Bangsa Politik dan  Penanggulangan Bencana Daerah (Kesbangpol PBD) Kota Sawahlunto, setidaknya terdapat 2 titik lokasi longsor dan 3 lokasi pohon tumbang.

Kepala Badan Kesbangpol PBD Sawahlunto, Adriyusman mengatakan, titik longsor terdapat di Desa Taratak Bancah Kecamatan Lbah Segar, dan Desa Lumindai, Kecamatan Barangin. Untuk Desa Teratak Bancah pihaknya segera menanganinya, setelah material longsor di Desa Balai Batu Sandaran selesai dibersihkan.

"Intensitas hujan yang turun seharian dibeberala wilayah Sawahlunto itu, mengakibatkan beberapa badan jalan ketutupan longsor termasuk tiga pohon tumbang.Saat ini alat berat sudah bekerja membersihkan material longsor, sebentar lagi jalan bisa diakses seperti semula," katanya di Desa Balai Batu Sandaran, saat meninjau lokasi longsor, Jumat (12/10).

Alat berat lanjutnya,  membersihkan material longsor yang menyebabkan akses jalan antara Desa Balai Batu Sandaran dan Desa Lumindai, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto putus dari Kamis (11/10) malam.

Sebelum tim Kesbangpol PBD turun ke lokasi, akses jalan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua setelah dibersihkan warga bersama personel TNI-POLRI dan Kesbang Pol PBD Kota Sawahlunto. Sementara itu di titik longsor terdapat sebuah batang pohon kelapa yang berada di atas yang cukup membahayakan.

"Pohon tumbang tejadi di Jalinsum Silungkang - Muaro Kalaban dan Kelurahan Air dingin, Kecamatan Lembah Segar serta pohon kelapa tumbang menimpa rumah warga di Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Barangin sudah diatasi dari semalam oleh Tim Tagana BPBD Kota Sawahlunto. Alhamdulillah kejadian tersebut tidak ada koban jiwa," tuturnya.

Adriyusman mengingatkan kepada masyarakat Sawahlunto, khususnya didaerah yang rawan bencana longsor untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan dan angin kencang, serta segera melaporkan jika ada potensi yang rawan akan bencana kepada pihak yang bertanggungjawab.(h/rki)

 

 

Loading...
Ikuti kami di
Loading...
Loading...