Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Jumlah Pelamar CPNS di Kabupaten Solok Meningkat

Jumlah Pelamar CPNS di Kabupaten Solok Meningkat
Ilustrasi (haluan) 

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Jumlah pelamar yang mendaftar sebagai peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di Kabupaten Solok, tahun ini mengalami lonjakan yang signifikan. Sebanyak 7.397 orang pelamar akan berebut peluang dari 320 quota CPNS yang disediakan oleh Pemkab Solok.

"Jumlah ini adalah pelamar yang mendaftar secara online melalui website SSCN.BKN.go.id yang ditutup pada Senin (15/10), sedang pelamar yang memasukkan berkas fisik melalui Pos Indonesia sebanyak 7.270 orang," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Solok, Feris Novel di Arosuka, kemaren.

Lonjakan pelamar tahun ini kata Feris dipicu karena pendaftar secara online mencapai angka 7.397 orang. Bahkan dalam tiga hari terakhir mencapai 3.000 orang yang melakukan pendaftaran. Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, setiap pelamar yang mengambil formasi di wilayah Kabupaten Solok harus melakukan pendaftaran online serta pengiriman kelengkapan fisik paling lambat pada Senin (15/10).

Ia memperkirakan jumlah pelamar yang mengirim berkas akan terus bertambah, karena masih adanya berkas yang masih diperjalanan. Sebab dari data yang ada, masih ada sekitar 127 pendaftar yang belum diterima berkas fisiknya. "Saya berharap pelamar yang melakukan pendaftaran dan pengiriman berkas mengisi dan mengirim data dengan benar," katanya menambahkan.

Namun untuk pendaftaran secara fisik (cap pos) pihak BKPSDM setempat masih melakukan penghitungan pelamar yang mengirimkan kelengkapan pendaftaran secara manual melalui pos. "Kelengkapan berkas juga menjadi salah satu patokan dalam verifikasi awal, jadi ini (kelengkapan) harus benar-benar diperhatikan," terangnya.

Sementara itu terkait pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan dilaksanakan mulai 22 hingga 28 November 2018. Penggabungan SKD dan SKB dijadwalkan 29 November sampai 1 Desember 2018, dan pengumuman akhir yakni pada 3 Desember 2018. “Untuk lokasi ujian, belum bisa dipastikan tapi akan diumumkan secepatnya,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Solok mendapat 320 kuota CPNS 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Hal itu berdasarkan data dokumen yang dikirim Menpan RB untuk BKPSDM setempat. Kuota 320 tersebut merupakan kuota terbesar yang pernah didapat Kabupaten Solok dari tahun-tahun sebelumnya, dimana guru dan tenaga kesehatan mendominasi formasi.

Rincinya terdiri dari tenaga guru honorer tingkat dua (TH K2) sebanyak 21 orang, Guru SD 58 orang, Guru mata pelajaran SMP 82 orang, formasi Cumlaude enam orang, formasi khusus disabilitas tiga orang, tenaga kesehatan 109 orang, dan tenaga teknis 40 orang."Kami fokus pada pendidikan karena pendidikan termasuk dalam empat pilar pembangunan Kabupaten Solok, sebab pemda butuh tenaga pendidik berkualitas yang menjadi guru di daerah ini," kata Feris. (h/ndi)

Tags
CPNS
Ikuti kami di