Harian Haluan

Harianhaluan.com

DAS Meluap, Padang Terendam Banjir

DAS Meluap, Padang Terendam Banjir
Kondisi luapan sungai di kawasan Alai Parak Kopi, Padang, Jumat (2/11). Akibat luapan itu, sejumlah daerah di Kota Padang terendam banjir. Tio Furqan  

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kota Padang kembali dilanda banjir, kali ini luapan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Arau. Aliran sungai yang berhulu di Sungai Lubuk Paraku, Kecamatan Lubuk Kilangan itu meluap seiring hujan deras yang mengguyur sejak Jumat (2/11) siang. Akibatnya, daerah sepanjang aliran sungai itu terendam banjir.

Dari pantauan tim harianhaluan.com di lokasi, kawasan Alai Parak Kopi ikut terendam banjir. Air berwarna coklat itu masuk ke rumah warga.

Selain itu, perjalanan kereta api yang melewati jembatan di atas banda bakali terhenti, karena luapan sungai ikut merendam rel kereta tersebut.

Di kawasan perumhan Balimbing, Kota Padang juga terendam banjir air mulai sudah memasuki rumah warga.

Sementara di kawasan Baringin, Lubuk Kilangan satu unit jembatan putus dihantam luapan sungai. Diketahui pada 2017 jembatan tersebut juga pernah diterjang banjir.

Di jalan lintas Padang-Solok tepatnya di Lubuk Paraku, dan di Ladang Padi terjadi longsor yang menutupi jalan. Arus lalu lintas sempat terhenti dan saat ini diatur oleh petugas dari kepolisian Polresta Padang.

Daerah Seberang Padang, lll RT/RW 2/4 Kelurahan Seberang Padang
anggota TRC BPBD Padang melakukan penyisiran ke pemukiman warga karena banjir di daerah tersebut sudah sampai di panggang orang dewasa.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Harian Haluan (@harian_haluan) on

Hal yang sama juga terjadi Gurun Lawah, Kecamatan Lubuk Begalung. Tim BPBD dan instansi lainnya ikut mengevakuasi warga. Air juga sudah mulai merendam kawasan di Arai Pinang, Kecamatan Lubuk Begalung termasuk di daerah yang sering menjadi langganan banjir seperti Jondul, Rawang.

Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan resmi dari pihak terkait jumlah kerugian, dan korban dari terdampak banjir ini.(h/tim)

Ikuti kami di