Harian Haluan

Harianhaluan.com

Pesta Lajang 11.11, Bos dan Karyawan JI.ID Ikut Melayani

Pesta Lajang 11.11, Bos dan Karyawan JI.ID Ikut Melayani
CEO JD.ID Zhang Li berfoto bersama beberapa karyawan di gudang JD.ID yang terletak di Marunda, Tarumajaya, Bekasi pada event 11.11 Hari Belanja Online Global. Menjelang pesta belanja 11.11, JD.ID menerapkan sistem flat organization dimana seluruh karyawan apapun posisinya, saling bahu-membahu melayani pelanggan. JI.ID 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – JD.ID ikut meramaikan event hari belanja online bertema 11.11, perusahaan yang berfiliasi dengan JD.com ini menyambutnya dengan cara unik dan berkesan.

Seluruh karyawan JD.ID ikut terlibat langsung melayani pesanan pelanggan pada acara yang dikenal sebagai Pesta Lajang ini. Pada momen belanja global ini, seluruh karyawan JD.ID terlihat sibuk di warehouse, drop point hingga bagian pengiriman di berbagai wilayah Indonesia.

Bahkan CEO JD.ID, Zhang Li beserta jajaran manajemen lain turun langsung menyiapkan pesanan pelanggan. Pada kesempatan kali ini, Li beserta beberapa karyawan JD.ID turun langsung di Gudang Marunda, Tarumajaya, Bekasi untuk memilah barang pesanan hingga ke bagian pengiriman untuk memastikan semua produk sesuai pesanan, dikemas dengan rapi, dan dikirim segera. CEO Zhang Li pun mengemudikan truk JD.ID ke salah satu drop point terdekat di kawasan Bekasi.

CEO JD.ID, Zhang Li menjelaskan, pada kemeriahan festival belanja ini, seluruh karyawan JD.ID dari staf hingga jajaran manajemen turun langsung melayani pelanggan. Kita ingin menunjukkan bahwa JD.ID menerapkan sistem flat organization yaitu seluruh karyawan saling membantu untuk melayani pelanggan tidak peduli apapun posisinya.

"Ini adalah bagian dari budaya perusahaan mendahulukan pelanggan- putting customers first- yang selalu kami emban,"ujarnya.

Festival 11.11 adalah event tahunan Hari Belanja Online Global dengan diskon supermurah. Kegiatan tahunan yang kerap disebut Online Revolution ini biasanya dirayakan pada 11 November. Di China, momen ini disebut sebagai atau hari belanja untuk para singles atau Single Day atau Double-11.

Untuk memuaskan pelanggan, JD.ID kali ini menggelar beragam diskon dan promo menarik yang bertajuk ‘Amazing 11.11’, yang menghadirkan beberapa signature campaign JD.ID seperti JD Half (diskon setengah harga) dan JD99 (harga serba 99 ribu). Bahkan ada promo terbaru dan sensasional yakni JD Golden Ticket, yang memberikan kesempatan untuk memenangkan produk luxury dan branded yang #DijaminOri dengan harga Rp111.000 saja.

Di hari double 11 yang luar biasa ini, order yang diterima JD.ID meningkat hingga 845%. Lima kategori teratas untuk produk yang dibeli adalah produk groceries dan kesehatan, ponsel pintar, tablet dan aksesoris, produk ibu, bayi dan anak. Adapun kawasan Jabodetabek mencatatkan penjualan tertinggi dari seluruh Indonesia dan pukul 9 malam menjadi waktu belanja favorit para pelanggan.

Sementara secara keseluruhan, volume transaksi JD.COM untuk ‘Singles Day Shopping Festival’ tahun ini mencapai rekor yakni RMB159,8 miliar atau sekitar Rp340 triliun, terhitung sejak awal festival berlangsung pada 1 November 2018, di mana JD.COM juga membantu para pemilik toko fisik untuk ikut serta meramaikan.

Selama periode tersebut, lebih dari 400 juta produk konsumen di berbagai kategori terjual. Sebanyak 25 juta diantaranya adalah penjualan di kategori rumah tangga seperti produk sehari-hari, barang elektronik, alat masak, dan banyak lagi. Penjualan makanan segar diantaranya sayuran, 2.800 ton bermacam-macam daging, dan lainnya, tercatat mengalami peningkatan dua kali lipat dari jumlah yang biasa dijual JD.COM setiap tahunnya.

Kemudian kategori wisata dan gaya hidup, dengan penjualan tiket penerbangan internasional yang meroket 158%. Penjualan fesyen tercatat menembus RMB100 juta atau sekitar Rp21,2 miliar dalam satu menit.Pada 11.11 tahun lalu, JD.com mencatatkan penjualan sebesar Rp283,1 triliun.(h/rel)

 

Ikuti kami di