Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Pasar Silo Sawahlunto Mulai Menggeliat

Pasar Silo Sawahlunto Mulai Menggeliat
Aktivitas Pasar Silo Sawahlunto dengan makanan khas tempo dulu.(Foto: Nto) 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Pertemukan pedagang kecil dengan wisatawan di kawasan destinasi wisata, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sawahlunto, merintis Pasar Silo. Empat pekan berjalan, Pasar Silo mulai menggeliat mendapat kunjungan masyarakat.

Genpi yang beranggotakan kaum muda mudi Sawahlunto itu, menjadi penggerak pasar yang hanya beroperasi setiap hari minggu dengan memanfaatkan kawasan wisata Silo.

Ketua Genpi Sawahlunto, Yudha Pradana mengatakan, generasi muda ikut ambil bagian dalam memajukan pariwisata Sawahlunto. Baginya, kemajuan pariwisata akan dapat membantu ekonomi masyarakat 'Kota Arang' ke depan. Sebab pariwisata merupakan sektor potensial yang dapat digarap untuk jangka panjang.

Pasar Silo menghadirkan kuliner khas Sawahlunto, terutama kuliner tempo dulu. Mulai dari onde-onde, pergedel, tiwul, lapek bugih, goreng pisang, getuk, dan berbagai bahan pakanan khas berbahan baku ubi.

Kepala Dinas Pariwisata Efriyanto mengatakan, Pasar Silo merupakan ajang promosi dan kreativitas generasi muda Sawahlunto dalam membangkitkan ekonomi masyarakat.

Efriyanto menyatakan pemerintah akan selalu siap mendorong dan mendukung langkah Genpi Sawahlunto, dalam memajukan Pasar Silo, mempertemukan masyarakat, wisatawan dalam suatu kawasan destinasi.

Tokoh masyarakat Sawahlunto, Eka Saputra mengatakan pasar silo sangat kreatif, harus digenjot dengan promosi yang lebih besar lagi sehingga diketahui masyarakat lebih luas.(h/Nto)

 

loading...

Ikuti kami di