Harian Haluan

Harianhaluan.com

Kodim 0312 Sita Buku yang Dinilai Berbau PKI di Padang

Kodim 0312 Sita Buku yang Dinilai Berbau PKI di Padang
Anggota TNI AD dari Kodim 0312 Padang bersama Kejaksaan Negeri (Kejari), Polresta, Kesbangpol dan Satpol PP mengamankan sejumlah buku yang dianggap bermuatan ideologi komunis atau tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) di salah satu toko buku di kawasan Pondok,  Jalan Hos Cokroaminoto atau tepatnya di depan Pusat Koperasi Kartika  

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Anggota TNI AD dari Kodim 0312 Padang bersama Kejaksaan Negeri (Kejari), Polresta, Kesbangpol dan Satpol PP mengamankan sejumlah buku yang dinilai bermuatan ideologi komunis atau tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) di salah satu toko buku di kawasan Pondok,  Jalan Hos Cokroaminoto atau tepatnya di depan Pusat Koperasi Kartika "B" Bukit Barisan, Kota Padang, Selasa (8/1) sekitar 16.00 WIB.

Petugas mengamankan 9 buku dengan rincian buku berjudul Kronik 65 (dua), Mengincar Bung Besar (dua), Anak anak Revolusi (satu) Gestapu 65 PKI (satu) dan Jas Merah (tiga). Setelah diamankan, buku tersebut dibawa ke Komando Rayon Militer (Koramil) 01.

Komandan Kodim 0312 Letkol CZI Rielman Yudha mengatakan, informasi adanya buku berbau atau ajaran PKI didapat dari laporan masyarakat. Mendapat laporan, Kodim berkordinasi dengan berbagai pihak untuk melakukan pengecekan. Dan saat di lokasi ditemukan sejumlah buku yang diduga bermuatan PKI.

"Kami berdasarkan TAP MPRS NO. XXV Tahun 1966 (Larangan Komunis di NKRI), UU NO. 27 Tahun 1999 tentang perubahan pasal dalam KUHP. Dan untuk sementara buku kami amankan, dan menunggu penyelidikan selanjutnya," ujar Rielman.

Sementara, pemilik atau pengelola toko buku saat dihubungi untuk konfirmasi Haluan belum memberikan jawaban. (h/per)

Ikuti kami di