Harian Haluan

Harianhaluan.com

Wacana Presiden Naikan Gaji Perangkat Desa, Irwan Prayitno: Dananya Ada atau Tidak?

Wacana Presiden Naikan Gaji Perangkat Desa, Irwan Prayitno: Dananya Ada atau Tidak?
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno 

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno (IP) menyatakan dukungannya atas wacana kenaikan gaji perangkat desa (di Sumbar, nagari) yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu. Namun di sisi lain, ia menyangsikan kesiapan anggaran daerah untuk memenuhi kebutuhan kenaikan gaji perangkat desa itu.

"Kami mendukung rencana itu karena itu pasti akan meningkatkan kesejahteraan para perangkat desa yang selama ini memang kurang terperhatikan. Hanya saja, pertanyaannya sekarang adalah dananya ada atau tidak? Kalau mengandalkan APBD (anggaran daerah) jelas tidak memadai," kata Irwan usai menghadiri Semiloka dan FGD Kajian Awal Konvergensi API dan PRB di Auditorium Gubernuran, Rabu (16/1).

Saat ini saja, imbuh Irwan, anggaran pemprov belum terlalu stabil pascapemindahan wewenang Dinas Pendidikan dari kabupaten/kota ke provinsi. Hal itu membuat Pemprov Sumbar mengalami tekor penganggaran hingga Rp800 miliar. "Kecuali kalau kenaikan gaji itu ditanggung oleh APBN (anggaran pemerintah pusat), jelas tidak akan ada masalah," ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Syafrizal, juga mengungkapkan hal yang sama. Namun demikian, ia mengatakan meski rencana itu dinilai dapat membebani Alokasi Dana Desa (ADD), tetapi hal itu dapat disiasati dengan mengalihkan sebagian kecil anggaran yang ada di dana desa (DD).



Ikuti kami di