Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Home »

pemda

DPRD Pessel Panggil Dirut RSUD

DPRD Pessel Panggil Dirut RSUD
RSUD M Zein Painan  

 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Komisi IV DPRD Pesisir Selatan bakal memanggil Direktur Utama (Dirut) RSUD M Zein Painan, terkait adanya informasi kualitas pelayanan pada rumah sakit pelat merah tersebut tidak memadai. DPRD meminta manajemen RSUD juga dievaluasi.

Ketua Komisi IV DPRD Pessel, Marwan Anas mengatakan, pemanggilan itu sekaitan dengan keluhan sejumlah masyarakat yang diduga kurang mendapat penanganan medis pada Rumah Sakit Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) itu.

"Ya, secepatnya akan kami panggil direktur beserta jajaran manajemennya. Kalau tidak ada halangan, Maret ini, sesuai dengan jadwal hearing di Komisi IV," katanya kepada wartawan di Painan, Rabu, (13/2).

Selaku wakil rakyat yang membidangi kesehatan, ia mengakui dalam beberapa bulan terakhir memang terjadi penurunan kualitas pelayanan pada RSUD M Zein Painan. Bahkan, terkesan berbanding terbalik dengan manajemen sebelumnya. Ditambah lagi dengan adanya peristiwa salah seorang pasien yang meninggal dunia akibat kekurangan oksigen di ruang HCU.

"Masa untuk menyediakan dokter spesialis jantung saja, pihak rumah sakit tidak bisa. Dari yang sebelumnya ada, kini menjadi tidak ada. Saya rasa ini sangat memalukan. Sementara RSUD M Zein Painan tercatat sebagai kedua terbaik di Sumatera Barat setelah Payakumbuh," tuturnya.

Menurut dia, jika pihak rumah sakit tidak mampu menambah dokter, setidaknya bisa mempertahankan dokter yang sudah ada sebelumnya. Sebab, RSUD M Zein merupakakan satu-satunya rumah sakit terbesar di Pesisir Selatan.

"Jika pasien selalu dirujuk ke Padang, tentu mereka butuh biaya yang lebih mahal lagi. Seharusnya, manajemen sebagai bagian dari pelayanan masyarakat memikirkan hal itu. Jangan sampai masyarakat terus yang jadi korban," ujarnya.

Seperti diberitakan berbagai media sebelumnya, seorang keluarga pasien mengeluhkan pelayanan di RSUD M Zein. Ia menduga, orang tuanya, Yasmaneli (55) meninggal akibat kekurangan oksigen. Tak hanya itu, Topik (41) salah seorang pasien rawat jalan jantung, juga mengeluhkan hal serupa, sebab pada RSUD M.Zein milik pemerintah daerah tersebut, tidak ada dokter spesialis jantung.

Dihubungi terpisah, Sutarman selaku Dirut RSUD M Zein Painan mengatakan, hingga kini rumah sakit milik pemerintah itu masih type C.

loading...

Ikuti kami di