Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Masjid Istiqlal Koto VIII Pelangai Dapat CSR Bulog Rp30 Juta

Masjid Istiqlal Koto VIII Pelangai Dapat CSR Bulog Rp30 Juta
Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sumbar, saat menyalurkan dana CSR untuk bantuan pembangunan Masjid Istiqlal di Kampung Pacuan, Nagari Koto VIII Pelangai, Kacamatan Ranah Pesisir. 
PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sumbar, menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) ke berbagai daerah yang dianggap sangat membutuhkan.
 
Kali ini, program kegiatan bina lingkungan atau CSR sebesar Rp30 juta di salurkan pihak Bulog ke Masjid Istiqlal, di Kampung Pacuan, Nagari Koto VIII Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, guna pembangunan pondasi masjid yang ukurannya lebih luas dari sebelumnya.
 
Bantuan saat itu langsung diberikan oleh Andriati selaku Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan Perum Bulog Sumbar, di dampingi Gusnitawati Kepala Seksi TU dan Umum Gusnitawati, dan Arfandi selaku Asisten.
 
"Bantuan ini merupakan kepedulian bulog kepada lingkungan. Mungkin nilainya tidak seberapa, tapi ada semacam ikatan tali silaturahmi antara bulog dengan masyarakat sebagai wujud tanggung jawab sosial," ucap Andriati pada wartawan, Kamis (14/3).
 
Ia berharap, bantuan yang disalurkan saat itu benar-benar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pembangunan Masjid Istiqlal, dengan harapan dapat menampung masyarakat untuk beribadah lebih banyak lagi.
 
"Selain tugas pokok menjaga ketersediaan harga dan terjangkaunya bahan pokok untuk rakyat, bulog juga harus memberikan perhatian akan kebutuhan masyarakat. Jadi, sesuai instruksi pusat program kemitraan bina lingkungan ini merupakan tanggung jawab bulog pada lingkungan sekitar," ujarnya. 
 
Andriati menambahkan, sebenarnya banyak program yang digencarkan bulog untuk menyalurkan dana CSR tersebut. Untuk program kegiatan bina lingkungan, kata dia, tidak hanya terfokus pada bantuan ke Masjid, Pondok Pesantren, Sekolah, atau sejumlah fasilitas umum lainnya. Namun, baru-baru ini pihaknya juga sudah menyalurkan bantuan beasiswa kepada 34 mahasiswa UNP Kota Padang yang tergolong kurang mampu.
 
"Pada intinya program ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Sebab, selama ini masyarakat mengira jika bulog hanya menyalurkan beras atau gula saat menggelar pasar murah saja," tuturnya.
 
Sementara itu, pengurus Masjid Istiqlal Kampung Pacuan, Suardi, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Perum Bulog Divisi Regional Sumbar. Ia mengakui, saat ini memang sangat membutuhkan anggaran pembangunan perluasan Masjid untuk kebutuhan keagamaan masyarakat, khususnya di Nagari Koto VIII Pelangai.
 
"Masjid kami memang sedang melakukan pembangunan pondasi. Rencananya akan diperluas untuk memudahkan proses beribadah masyarakat. Sebab, bangunan yang lama kondisinya sudah tidak memungkinkan menampung beban," katanya. 
 
Suardi berharap, dengan adanya bantuan tersebut, kedepan semakin menambah semangat masyarakat untuk berbondong-bondong meramaikan Masjid. Sebab, hal itu juga sejalan dengan visi dan misi pemerintah yakni mewujudkan program kembali ke surau.
 
"Sekali lagi kami ucapkan terimakasih banyak kepada Bulog. Semoga kedepan masyarakat kami lebih khusuk beribadah dan anak-anak juga lebih leluasa belajar mengaji dengan fasilitas yang lebih luas," tuturnya. (h/kis)
 
 

Ikuti kami di