Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Alek Gadang di Solsel, Persiapan Festival SRG 2019 Sudah 70 Persen

Alek Gadang di Solsel, Persiapan Festival SRG 2019 Sudah 70 Persen
Partisipasi masyarakat dalam persiapan Festival SRG 2019 di beberapa titik yang dijadikan lokasi perayaan adat budaya di Solsel, Senin (18/3). Jefli 

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Empat hari jelang helatan adat budaya Festival Saribu Rumah Gadang (SRG) di Solok Selatan (Solsel) semua pihak ikut 'basitungkin' untuk suksesnya kegiatan pada 22- 24 Maret 2019 tersebut. Sampai Senin (18/3) persiapan sudah sekitar 70 persen.

Menurut, Kasi Data dan Informasi Kepariwisataan, Disparbud Solsel, Belly Rozano persiapan yang telah dilakukan sejak Jumat (15/3) hingga saat ini sudah sekitar 70 persen, dengan melibatkan semua unsur masyarakat dan pemuda.

"Kegiatan festival SRG yang ke-dua tahun ini, begitu disambut antusias oleh masyarakat dan para tokoh di Solsel. Kebersamaan dan kepedulian masyarakat diwujudkan dalam kegiatan gotong-royong, siang dan malam," katanya.

Dilihat dibeberapa titik, terlihat masyarakat mulai melakukan persiapan di lapangan bancau nagari Koto Baru serta persiapan untuk membuat balai-balai, memasang umbul-umbul, tonggak untuk obor karambia tekong (tempurung kelapa). Kaum ibu-ibu dengan kegiatan membersihkan rumah gadang, memasang asesoris dan kelengkapan rumah gadang sebagaimana mestinya.

Sementara, Koordinator Lapangan Festival SRG 2019, Darmansyah mengatakan, dalam festival SRG ini juga bakal menampilkan prosesi adat seperti, turun mandi anak, manjalang mintuo, manjapuik marapulai dan prosesi adat lainnya.

"Selain masyarakat, juga dilibatkan sebelas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Solsel, dalam persiapan hingga akhir kegiatan," ujarnya.

Partisipasi aktif masyarakat, imbuhnya dalam menyukseskan kegiatan tersebut, mencerminkan kecintaan dan keinginan masyarakat untuk mengapungkan dan memperkenalkan secara luas kekayaan budaya Solok Selatan.

"Kawasan Saribu Rumah Gadang, yang menjadi kebanggaan masyarakat Solsel dengan keunikannya tersendiri, yang akan diperkenalkan kepada dunia. Itu sudah menjadi keinginan bersama seluruh masyarakat Solsel," katanya. (h/jef)

Ikuti kami di