Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Deteksi Dini Bencana di Pessel, BNPB Bakal Bangun Radio Komunikasi Kebencanaan

Deteksi Dini Bencana di Pessel, BNPB Bakal Bangun Radio Komunikasi Kebencanaan
Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, bersama RRI Kota Padang dan Dinas Kominfo Pessel saat melakukan survei ke sejumlah lokasi untuk rencana pembangunan Radio Komunikasi Kebencanaan (RKK) di daerah setempat. 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sebagai upaya deteksi dini terhadap bencana alam yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, melalui RRI Kota Padang bakal membangun Radio Komunikasi Kebencanaan (RKK) di daerah setempat. 

Untuk memastikan rencana kegiatan tersebut, Kepala RRI Kota Padang M. Lahar Rudiyarso bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pessel Junaidi, sudah melakukan survei ke sejumlah lokasi kawasan strategis, seperti di Bukit Pulakek Nagari Lakitan, Kecamatan Lengayang, Bukit RCTI Kecamatan IV Jurai dan Shelter BNPB di Rawang, Kota Painan.

Sekrertaris Daerah Setdakab Pessel, Erizon menyebutkan, tim RRI Kota Padang dan Dinas Kominfo Pessel sudah membentuk komitmen agar rencana pembangunan Radio Komunikasi Kebencanaan (RKK) dapat berjalan sesuai keinginan bersama.

"Pemkab Pessel tentu siap untuk memfasilitasi keberadaan radio ini sebagai media informasi pemberitahuan awal bencana dan tata cara menghadapi bencana," ucap Sekda Erizon pada wartawan di Painan, Minggu (24/3).

Sebelumnya, Kepala RRI Kota Padang M. Lahar Rudiyarso mengatakan, guna memastikan terlaksananya pembangunan Radio Komunikasi Kebencanaan (RKK) tersebut sejumlah lokasi telah dikunjungi pihaknya. 

"Sebelumnya, ada tiga titik lokasi yang sudah kami kunjungi, namun yang paling cocok adalah Shelter BNPB Rawang, Kecamatan IV Jurai, Painan. Sebab, lokasi tersebut sangat strategis dan dekat dengan akses pemerintahan (tim tanggap darurat). Selain itu, juga dekat kota pemukiman yang ramai penduduk sehingga akan mengoptimalkan fungsinya untuk memberikan informasi lebih awal terkait bencana yang akan datang," ujarnya.

Menurut dia, untuk tahapan rencana berikutnya pihaknya masih menunggu surat resmi dari BNPB RI.

"Namun yang terpenting kami sudah melakukan survei lokasi dan sekarang menunggu keputusan dari BNPB RI," tuturnya. (h/kis)

 

loading...

Ikuti kami di