Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Bulan Bhakti Dasawisma, Lisda Hendrajoni Ajak Warga Hijaukan Perkarangan dengan Tanaman Produktif

Bulan Bhakti Dasawisma, Lisda Hendrajoni Ajak Warga Hijaukan Perkarangan dengan Tanaman Produktif
 

PAINAN, HALUAN - Bupati Hendrajoni melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Rusdiyanto, membuka secara resmi Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan tersebut ditandai dengan pelepasan balon di lapangan bola kaki Nagari Tanah Bakali Inderapura, Kecamatan Airpura, Rabu (27/3).

Dalam amanat tertulis yang dibacakan  Rusdiyanto, ia mengatakan Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM ini merupakan kegiatan yang menghidupkan kembali nilai-nilai luhur bangsa akan pentingnya semangat gotong royong ditengah-tengah masyarakat guna membangun daerah dan bangsa.

"Mari kita hidupkan kembali budaya gotong royong di lingkungan masing-masing. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan jaminan pangan dan gizi bagi keluarga," ucap Rusdi. 

Lebih lanjut kata dia, rahasia kekuatan rakyat Indonesia terletak pada rasa kebersamaan. Sebab, gotong royong merupakan modal dasar sosial masyarakat bahu-membahu menyelesaikan berbagai hambatan dan tantangan dengan cara musyawarah dan mufakat.


"Jadi, peran kader PKK pada masing-masing nagari diharapakan dapat mempercepat pencegahan Stunting. Secara garis besar, masalah kesehatan ini disebabkan oleh kurangnya nutrisi penting dalam tubuh, seperti lemak, karbohidrat dan protein," katanya.

Ia menyebutkan, bahwa gotong royong merupakan intisari dari Pancasila sebagai warisan leluhur bangsa, namun saat ini semangat tersebut seakan mulai tergerus ditengah-tengah masyarakat dikarenakan semakin pesatnya perkembangan zaman.

"Kami akui memang tidak mudah menjalankan semangat kebersamaan ini di tengah-tengah masyarakat. Sebab, dewasa ini kita lebih cenderung individualis. Masih banyak dari kita yang bekerja sendiri-sendiri dibandingkan bekerjasama dengan orang lain. Jadi kebiasaan seperti inilah yang mesti kita ubah kedepannya," ujarnya.

Ia berharap dengan momentum Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kabupaten Pesisir Selatan, kedepan masyarakat dapat saling mengingatkan akan pentingnya semangat gotong royong, terutama kepada generasi penerus yang menjadi harapan bangsa.

"Sebab, semangat kebersamaan ini harus ditanamkan sejak dini. Hal ini merupakan proses pembelajaran bagi anak-anak kita kedepannya, dimana generasi muda harus senantiasa bermusyawarah dan bergotong royong dalam bekerja," tuturnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Lisda Hendrajoni mengajak seluruh kader PKK agar aktif mencegah Stunting di wilayah kerja masing-masing. Menurut dia, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh Ibu-ibu rumah tangga adalah dengan membuat taman hijau di perkarangan rumah masing-masing.

"Kami mengajak semua kader PKK agar membuat semacam tanaman keluarga yang berisikan tumbuhan seperti sayur dan buah-buahan dengan harapan agar Stunting dapat dicegah sejak dini. Sebab, yang biasa itu belum tentu benar, yang benar itu harus dibiasakan" ucapnya.

Lisda berharap, setiap kelompok kerja yang tergabung dalam kader PKK memiliki peran penting dalam mendukung percepatan penanganan Stunting. Ia menyebutkan, masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama, umumnya dikarenakan asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi.

"Jadi, keterlibatan seluruh kader PKK merupakan bagian yang sangat krusial untuk mendapatkan solusi yang tepat sebagai arah kebijakan khususnya untuk mendukung percepatan penanganan Stunting," katanya.

Lebih jauh dijelaskan, kegiatan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kabupaten Pesisir Selatan, juga sekaitan dengan pelaksanaan 10 program pokok PKK. Selain itu, juga bertujuan untuk mewujudkan hubungan yang lebih harmonis antara ketua TP-PKK dengan masing-masing kader dalam menyamakan persepsi yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah.

"Melalui 10 program prioritas nantinya, kami akan selalu bersinergi dengan seluruh dinas terkait sehingga dapat berjalan maksimal dan berkesinambungan," tuturnya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pessel, Hamdi, terpilihnya Kacamatan Airpura sebagai pusat kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) karena telah berhasil menjadi pemenang lomba tingkat kabupaten.

"Kami sangat mengapresiasi Nagari Inderapura Utara, Kecamatan Airpura, yang sudah berhasil menjadi pemenang lomba pada kegiatan Bulan Bhakti Dasawisma. Setelah pencanangan ini, kami harapkan pada setiap nagari melaksanakan gotong royong selama satu bulan penuh untuk pelaksanaan BBGRM," ujar Hamdi.

Usai membuka kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Pesisir Selatan. Ketua TP-PKK Lisda Hendrajoni, didampingi Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Rusdiyanto, dan Kadis DPMDP2KB Pessel, Hamdi, menyerahkan secara simbolis bantuan berupa alat-alat peralatan gotong royong kepada perwakilan masyarakat sebagai pemenang lomba. (h/kis)



Ikuti kami di