Harian Haluan

Harianhaluan.com

KPU  Nilai  Pemilu di Sumbar Berjalan Lancar dan Aman

KPU  Nilai  Pemilu di Sumbar Berjalan Lancar dan Aman
Pelaksanaan Pemilu di TPS 13 Koto Tangah berjalan lancar.  

PADANG,HARIANHALUAN.COM --Anggota KPU Sumbar Divisi Teknis Izwaryani mengatakan, pelaksanaan tahapan pemilihan pemilu serentak di  wilayah Sumatra Barat   berjalan lancar, dan tanpa kendala yang berarti.

Meskipun terdapat sejumlah kekurangan, misalnya kekurangan surat suara, dan formulir, namun dengan cepat dapat diatasi dengan menggunakan sisa surat suara di TPS terdekat.

Untuk kendala lainnya, ia mengatakan belum mendapatkan laporan secara utuh dan menyeluruh dari kabupaten kota karena semua pihak masih disibukkan dengan tugas masing-masing.

Sementara itu, Anggota KPU Padang Divisi Teknis Chandra Eka Putra juga mengatakan hal yang senada, proses pelaksaan secara umum berjalan lancar. Meskipun diwarnai sejumlah kendala, namun dengan sigap panitia cepat menuntaskan.
"Misalnya soal pemahaman pemilih yang terdaftar si dpt, dan menggunakan e-ktp. Namun setelah diberikan arahan, perbedaan persepsi terswbut cepat selesai," ungkapnya, Rabu (17/4).

Selain itu, juga terjadi kekurangan satu atau dua formulir di TPS, namun panitia dapat mengatasinya dengan menggunakan formulir yang ada di KPU. Untuk surat suara, ia mengatakan tidak ada kekurangan, semuanya tercukupi dan aman.

Terkait partisipasi pemilih, gambaran secara umum ia melihat terjadi peningkatan partisipasi pemilih dari sebelumnya. "Melihat banyak yang datang ke tps, sepertinya partisipasi kali ini naik dari sebwlumnya. Mungkin saja ada efek dari pemilu serentak ini, termasuk juga efek pilpres yang digabung dengan pileg dan dpd," pungkasnya. (rin)



Ikuti kami di