Harian Haluan

Harianhaluan.com

Wako Deri Asta: Pramuka SBH Harus Jadi Pioner

Wako Deri Asta: Pramuka SBH Harus Jadi Pioner
Wako Sawahlunto yang juga Kamabicab Pramuka Sawahlunto saat membuka perkemahan Pramuka SBH di lapangan Cintomoni Silungkang, Kamis (18/4). RIKI YUHERMAN 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Anggota Pramuka Satuan Karya Bakti Husada (SBH) Kota Sawahlunto diminta untuk dapat menjadi kader pembangunan kesehatan masyarakat ,  khususnya dilingkungan masing masing. Sasarannya agar tercapai upaya pembangunan dibidang kesehatan di kota ini bisa terwujud.

"Mulailah menjadi penggerak kesehatan di lungkungan terkecil, yakni dilingkungan keluarga dan lingkungan di masyarakat sekitar," kata Walikota Sawahlunto, Deri Asta selaku Kamabicab Pramuka saat membuka Kemah Bakti Pramuka SBH di Lapangan Cintomoni Silungkang, Kamis (18/4).

Deri mengungkapkan,kegiatan kepramukaan sangatlah tepat untuk membentuk karakter dan kepribadian anggotanya sesuai dengan bidangnya masing masing. Untuk Pramuka sebutnya, bisa menjadi pioner pembangunan bidang kesehatan ditengah masyarakat.

Untuk itu Wako berharap, kegiatan pembinaan kepramukaan khusus di bidang kesehatan itu terus ditingkatkan dan lebih inovasi serta mendapatkan banyak manfaat bagi anggota pramuka yang mengikutinya.

"Kegiatan ini harus terus dilaksanakan sebagai penyemangat anggota pramuka dan memotivasi generasi muda lainnya untuk peduli dengan kesehatan dan lingkungannya," ujarnya.

Pamong Pramuka Saka Bakti Husada Kwarcab Kota Sawahlunto Ardius menerangkan, perkemahan bakti yang rutin dilaksanakan mulai Kamis - Minggu (18-21/4) itu diikuti oleh 160 orang yang dibina oleh 6 Puskesmas di Kota ini. Selain berkemah lanjut Adrius, peserta juga mengikuti berbagai perlombaan.

Adapun perlombaannya, yakni lomba perencanaan menu, penyuluhan kesehatan, poster Germas, lomba Dance Germas, indentifikasi jentik, tapak perkemahan Yel- yel Saka Bakti Husada dan pentas seni."Dengan kegiatan ini diharapkan, mendorong anggota SBH sebagai garda terdepan dalam menciptakan lingkungan hidup sehat dan berperilaku hidup bersih dan sehat dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat," ujarnya. (dd/rik)



Ikuti kami di