Harian Haluan

Harianhaluan.com

Partisipasi Pemilih Sawahlunto Tembus Angka 80 Persen

Partisipasi Pemilih Sawahlunto Tembus Angka 80 Persen
 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Meski tahapan penghitungan suara pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 masih di tahapan rekap tingkat kecamatan, namun diperkirakan partisipasi masyarakat dalam Pemilu serentak 2019 menembus angka 80 persen.

“Kami yakin, partisipasi masyarakat dalam Pemilu kali ini menembus angka 80 persen. Secara pasti angka partisipasi belum bisa dipastikan, namun diyakini angkanya melebihi target nasional sebesar 80 persen,” ungkap Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sawahlunto, Rika Arnelia kepada Haluan, Senin (22/4).

Rika menambahkan, jika dibandingkan dengan partisipasi masyarakat saat Pilkada 2018 lalu, terbilang meningkat. Namun lanjutnya, angka partisipasi itu akan diketahui setelah rekapitulasi suara di tingkat kota rampung.

"Untuk jumlah pemilih Kota Sawahlunto, yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 45.778 orang," katanya.

 

Senada dengan Rika Arnelia, Koordinator Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, KPU Sawahlunto, Desy Fardila, mengungkapkan dalam Pilkada Sawahlunto yang digelar 27 Juni 2018 lalu itu, angka partisipasi mencapai 77,8 persen.

"Meski di bawah 80 persen, partisipasi masyarakat kala itu juga melampaui angka yang ditargetkan secara nasional, dimana target partisipasi secara nasional ditargetkan di angka 75 persen," ujarnya.

Bagi Desy, capaian partisipasi yang diprediksi menembus target partisipasi nasional itu, tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Tidak hanya KPU, Bawaslu, pemerintah, Polri, TNI, namun juga partai politik yang turut mendorong pemilih untuk menggunakan hak suara.

Sebelumnya, Ketua KPU Sawahlunto, Fadhlan Armey mengatakan, saat ini pihaknya bersama seluruh pihak yang terkait, tengah melakukan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, yang akan dilanjutkan rekapitulasi suara tingkat kota.

“Mudah-mudahan, seluruh tahapan Pemilu yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar tanpa kendala, sehingga keamanan dan kenyamanan masyarakat tidak terganggu. Insha Allah untuk rekapitulasi tingkat kecamatan dapat rampung Selasa (23/4),” tambah Fadhlan. (h/nto/hs)

 

Ikuti kami di