Harian Haluan

Harianhaluan.com

Gunakan Bantuan PKH Sesuai Kebutuhan

Gunakan Bantuan PKH Sesuai Kebutuhan
KADIS Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Zulfian Afrianto didampingi Ketua Koordinator PKH Kabupaten Pesisir Selatan, Pengki Satriawan saat memberikan keterangan pada wartawan terkait dana PKH di Pessel. OKIS 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, kembali mengingatkan masyarakat sebagai penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di daerah itu, agar bijaksana dan lebih selektif menggunakan dana yang diterima.

"Sekali lagi saya ingatkan, keluarga penerima manfaat PKH jangan gunakan uangnya untuk membeli telepon genggam, beli rokok, atau buat bayar angsuran motor. Sebab, itu tidak sesuai peruntukkannya," ucap Hendrajoni saat memberi sambutan di Kecamatan Lengayang pada ratusan masyarakat penerima manfaat PKH di wilayah itu.

Selain di Kecamatan Lengayang, arahan yang sama juga disampaikan Bupati Hendrajoni di Kecamatan Batangkapas, Sutera, dan IV Jurai.

Ia menyebutkan, program PKH hanya bisa dinikmati oleh masyarakat yang benar-benar memiliki kriteria sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh aturan pusat, seperti ibu hamil, balita, anak yang duduk di bangku sekolah dasar, SMP, SMA, lansia dan penyandang disabilitas.

"Jadi, ciri-ciri tersebut merupakan hal yang mutlak sesuai aturannya. Jika tidak masuk kategori tersebut, maka masyarakat tidak bisa dikatakan sebagai penerima manfaat PKH. Jika ada ibu hamil di daerah ini, maka gunakan uangnya untuk mencukupi gizi dan calon bayinya, begitu juga jika ada anak-anak yang duduk di bangku sekolah gunakan untuk keperluan pendidikannya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Zulfian Afrianto didampingi Ketua Koordinator PKH Kabupaten Pesisir Selatan, Pengki Satriawan kepada wartawan mengatakan, khusus di Kecamatan Batangkapas terdapat sebanyak 819 keluarga penerima manfaat dengan anggaran yang dikucurkan mencapai Rp735 juta dari pusat.

Selanjutnya, di Kecamatan Sutera terdapat 1.754 keluarga penerima manfaat dan anggaran yang dikucurkan senilai Rp1,4 miliar, di Kecamatan Lengayang terdapat 2.082 keluarga penerima manfaat dan dikucurkan anggaran sebesar Rp1,7 miliar. Untuk Kecamatan IV Jurai terdapat 1.241 keluarga penerima manfaat dan dikucurkan anggaran sebanyak 1,06 miliar pula.

"Sebelumnya bantuan PKH tahap dua ini telah kami isalurkan ke 1.768 keluarga penerima manfaat di Kecamatan Koto XI Tarusan dengan total anggaran mencapai Rp1,5 miliar," ujarnya pada wartawan di Painan, Senin (22/4).

Untuk diketahui, 2019 ini alokasi anggaran PKH dari pusat untuk Kabupaten Pesisir Selatan naik menjadi Rp60 miliar yang sebelumnya pada 2018 hanya beekisar Rp28,5 miliar.

"Sementara jumlah keluarga penerima manfaat PKH di daerah ini mulai menyusut dari tahun lalu yang berjumlah 16.318 dan tahun ini menjadi 15.905," katanya. (h/kis)

Ikuti kami di