Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Ketua LKAAM Padang Pariaman Ajak Masyarakat Menerima Keputusan KPU

Ketua LKAAM Padang Pariaman Ajak Masyarakat Menerima Keputusan KPU
H. Damsuar Ketua LKAAM Padang Pariaman 

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Padang Pariaman, menghimbau masyarakat Padang Pariaman untuk menerim keputusan apapun KPU Pusat. Hal tersebut diutarakannya kepada awak media pada, Senin malam (20/5). 

Ketua LKAAM H. Damsuar mengatakan, untuk himbauan people power dari beberapa orang elit Partai Politik, diharapkan masyarakat Padang Pariaman tidak ikut-ikutan, kerana jelas gerakan ini mengarah ketindakan melawan hukum.

"Banyak makna dari kata people power. Namun jika dikaitkan dengan Pilpres sekarang, saya berpendapat ini lebih menjurus ke arah yang tidak baik," ujarnya.

Ia juga menegaskan, ketidak setujuannya dengan gerakan tersebut. Masyarakat Padang Pariaman harus cerdas dan berani dalam bersikap untuk menyatakan penolakanya dengan gerakan melanggar hukum ini," ujarnya lagi.


H.Damsiar juga sependapat dengan Ketua MUI Padang Pariaman, yang mengatakan, himbauan people power harus sesuai dengan syarat tertentu yang terkandung pada sila ke 4 dalam Pancasila. Dimana ia menolak adanya people power yang akhir-akhir ini digaungkan oleh elit Parpol tertentu.

Menurut Buya Syofyan people power yang diserukan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku bahkan lebih cendrung ke arah yang anarkis. 

"Menurut saya pemahaman people power sebenarnya adalah kedaulatan rakyat merupakan  aspirasi rakyat yang diwakili oleh Dewan Perwakilan Rakyat dikarenakan tidak berjalannya program pembangunan yang dijadwalkan oleh suatu pemerintahan," jelasnya menambahkan.

Artinya, imbaun people power yang tepat, bila ada pemerintahan suatu daerah atau negara yang tidak menjalankan program pembangunan dengan benar maka sebagai rakyat wajib untuk menegurnya bahkan memberikan masukan pada pemerintahan tersebut agar kembali pada grand desain pembangunan yang telah ditetapkan bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Menegur atau memberi masukan ini merupakan implementasi Sila ke 4 Pancasila sebagai cerminan kedaulatan rakyat.

"Saya pribadi menolak dengan seruan people power yang akhir-akhir ini digaungkan oleh elit Parpol. Karean menurut sata, seruan tersebut cendrung bisa mencedarai persatuan dan kesatuan bangsa nantinya," ujarnya.

Ketua LKAAM Padang Pariaman Damsuar juga menghimbau warga Padang Pariaman untuk tetap berada di lingkungannya dan tidak perlu ikut-ikutan menuju Jakarta. Lebih baik menjalankan ibadah dengan khusuk di Bulan Ramadan ini.

"Saya harapkan warga Padang Pariaman tidak ikut serta dalam acara aksi tersebut. Karena hanya membuang energi dan waktu saja. Lebih baik pergunakan waktu yang ada selagi Bulan Romadhan untuk tadarrus Quran. (h/rul)

 



Ikuti kami di