Harian Haluan

Harianhaluan.com

Libur Lebaran, Pasukan Kuning Payakumbuh Tetap Bekerja

Libur Lebaran, Pasukan Kuning Payakumbuh Tetap Bekerja
Salah seorang petugas kebersihan Payakumbuh tetap bekerja pada libur lebaran, Kamis (6/6). ARIE 

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Meski sudah memasuki libur lebaran, petugas kebersihan Kota Payakumbuh yang biasa dipanggil Pasukan Kuning tetap bekerja. Sejumlah petugas tersebut terlihat sibuk membersihkan jalan, salah satunya di Jalan Pahlawan, Payakumbuh Barat, Kamis (6/6).

Salah satu petugas Pasukan Kuning, Khaidir (40) saat ditanya wartawan sedang sibuk menyapu, mengangkat dan memasukkan tumpukan sampah ke dalam bak sampah di kawasan tersebut. “Kami tetap bekerja karena sampah ada tiap hari. Harus selalu dibersihkan," ujarnya.

Khaidir mengaku tidak masalah untuk tetap bekerja pada saat libur lebaran. Di samping menjalankan tanggung jawab, dia juga tidak memiliki rencana liburan keluar kota bersama keluarganya. "Saya tidak pergi kemana-mana, bagus juga kalau tetap kerja. Bertambah juga honornya," ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup melalui Kabid Pengawasan, Hepi membenarkan bahwa para petugas Pasukan Kuning tersebut diberi hak honor lembur. "Ya, mereka yang bekerja di hari libur atau di luar jam kerja kami hitung sebagai lembur,” ujarnya.


Hepi mengatakan, kebijakan tetap bekerja di hari libur lebaran bagi petugas kebersihan bukanlah hal yang baru. Menurutnya, keberadaan petugas kebersihan pada momen lebaran justru sangat dibutuhkan karena terjadinya lonjakan volume sampah.

“Seperti biasa, tidak ada  pengurangan shift saat libur lebaran, sebab volume  sampah juga naik. Dari data yang kami himpun, sebelum Ramadan volume sampah pada kisaran 60 ton/hari, selama Ramadan terjadi peningkatan menjadi 70 ton/hari,” tuturnya.

Hepi menyampaikan, ada 189 petugas kebersihan yang tetap menjalankan tugas selama libur lebaran. “Sehari saja mereka tak bekerja, sampah akan bertebaran dimana-mana, jadi kami apresiasi sekali. Semoga Payakumbuh bisa tetap bersih, nyaman dan indah,” katanya.

 

Reporter: Arie Alfikri

Editor: HSP



Ikuti kami di