Harian Haluan

Harianhaluan.com

Banyak Sekolah Islam dan Hafiz Qur'an, Suasana Keislaman Makin Marak di Payakumbuh

Banyak Sekolah Islam dan Hafiz Qur'an, Suasana Keislaman Makin Marak di Payakumbuh
 

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Semakin beriman dan bertaqwa penduduk suatu negeri, semakin Allah limpahkan berkah-Nya dari langit dan bumi. Untuk itu Pemko Payakumbuh terus memberikan suasana yang kondusif agar kehidupan keislaman makin marak di Kota Randang.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di hadapan ribuan jemaah salat Idulfitri 1440 H di Halaman Balai Kota Payakumbuh, Rabu, (5/6). 

"Saya gembira dengan semakin maraknya kehidupan beragama di Kota Payakumbuh. Saya lihat semakin berkembang sekolah Islam terpadu dan generasi penghafal Qur’an di kota ini," ujarnya.

Riza bersyukur banyak dari kalangan generasi muda yang sudah hafiz atau hafal Qur'an 30 juz. "Alhamdulillah, keberadaan mereka menjadi berkah tersendiri bagi kota kita," ucapnya.


Makanya, Pemko menyambut baik dengan tumbuh dan berkembangnya sekolah Islam dan rumah tahfiz di Payakumbuh. "Sebab, kalau sekiranya penduduk suatu negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Allah akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi," tutur Riza mengutip Alquran surat Al-A’raf ayat 96. 

Pada sisi lain, Riza mengaku masih punya hutang untuk umat Islam Payakumbuh. Sudah 7 tahun dirinya menjabat wali kota, janjinya untuk mendirikan masjid raya belum juga terwujudkan. Namun hutang tersebut akan segera ditunaikan. “Insya Allah tahun ini dimulai proses pembangunan Masjid Raya Payakumbuh di atas tanah seluas 5 hektar," ucapnya.

 

Sebenarnya, Pemko telah berencana membangun masjid di kawasan Padang Kaduduak, Koto Nan Gadang, sejak 2016 lalu. Namun rencana tersebut ditolak oleh DPRD Kota Payakumbuh dengan alasan lokasi yang tidak strategis.

 

Penolakan DPRD tak membuat Pemko patah arang. Pembangunan masjid yang luas dan bisa menampung ribuan jemaah, seakan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Payakumbuh. Pemko mengalihkan pembangunan masjid tersebut di Pakan Sinayan, Payakumbuh Barat.

“Insya Allah, lokasinya strategis. Mudah diakses dan dekat dengan pembangunan jalan inspeksi Batang Agam. Jika ada yang ingin beramal untuk pembangunan masjid juga bisa. Ada salah satu warga menghubungi kami mau nyumbang Rp 1 milyar. Menyumbang seribu rupiah pun juga boleh, nanti bisa lewat panitia,” tutur Riza. 

 

Reporter: Arie Alfikri

Editor: HSP



Ikuti kami di