Harian Haluan

Harianhaluan.com

Libur Lebaran, Wisata Pantai Kota Pariaman Jadi Primadona

Libur Lebaran, Wisata Pantai  Kota Pariaman Jadi Primadona
Wisatawan banjiri  objek wisata Pantai Gandoriah, Minggu ini (9/6)/ TRISNALDI 

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-Objek wisata Pantai di Kota Pariaman, tampaknya menjadi primadona bagi wisatawan saat libur lebaran ini. Sejak hari pertama hingga Minggu ini, wisatawan selalu membludak.
 

 Hari pertama lebaran atau tanggal 5 Juni dari sejumlah objek wisata di pantai Pariaman itu padat dikunjungi pengunjung dan menjelang sore makin padat.
Sebut saja dari pantai gandoriah sampai pantai muaro sunur, objek wisata disini menjadi arena kunjungan pelancong.  Tempat-tempat wisata di Pantai Pariaman telah menarik perhatian wisatawan, tidak hanya lokal namun juga dari luar Pariaman.
 

Seperti diungkapkan An, dengan keluarganya yang berwisata ke Pantai Gandoriah dari luar daerah, merasa senang bisa menikmati keindahan alam di sini dan anak-anak berlari-lari di pantai bersukaria. Jika capek beli makanan cemilan sala lauak dan sejumlah makanan lainya sesuai selera.
 

Kini tempat jual kuliner dan makanan cemilan, makin bagus, tetatur dan mudah dikenali pengunjung, kata dia.
 Selain itu, seperti di pantai gandoriah, juga ada buayan kaliang, buayan putar dengan tangan dan ornamenya dari kayu, tentu menambah suasana jadi lebih manarik disamping banyak lagi permainan anak anak yang tersedia.
   


Dan pengunjung wisata Jimi, yang datang dari luar kota Pariaman, katanya sudah dua kali lebaran berwisata ke Pariaman.

Dari dua kali kunjungan ini terus tampak ada perubahan disini, terutama pada penataan sarpras umum, tempat jualan makanan cemilan sala lauak salah satunya. Sudah ada tempatnya yang lebih permanen dan kondisi ini sangat memudahkan pengunjung kalau ingin membeli makanan tersebut di Pantai Gandoriah.
 

Pariaman punya pantai yang indah baik untuk dinikmati bersantai bersama keluarga, kerabat dan handai taulan.
Alfian, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman, Alfian, Minggu (9/6) dalam 5 hari sejak tanggal 5 Juni sampai Minggu sore kemarin, rata-rata terus bertambah.

  Dari data yang ada, tanggal 5 Juni atau lebaran pertama, tingkat kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata pantai di Kota Pariaman totalnya mencapai 15.812 orang.

  Tanggal 6 Juni 2019, total kunjungan naik tajam tiga kali lipat dari hari pertama yaitu 48.555 pengunjung.  Namun tanggal 7 Juni turun menjadi 48.189 pengunjung. Dan pada hari Sabtu,  Minggu (8 dan 9 Juni) tingkat kunjungan menaik, mencapai 35 dan 45%.
   Dan diharapkan dengan tingginya tingkat kunjungan itu membawa dapak positif bagi geliat ekonomi di Kota ini, termasuk bagi ukm yang ada.
 

 Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit yang dihubungi, bahwa pihaknya telah menggelontorkan dana APBD untuk membangun sarana tempat jualan pedagang kecil seperti sala lauak di Pantai Gandoriah. "Secara kedinasan, dari tahun ke tahun penataan pedagang melalui peningkatan pembangunan sarana prasarana telah dilakukan," kata dia.
   

Kota Pariaman Kota Tujuan Wisata, sarana dan prasarana tentu harus ditata secara baik dan indah melalui tupoksi kerja dinas dengan harapan lebih menjadi mahnit bagi pelancong.

Dan Kepala Dinas PUPR dan Pertanahan Kota Pariaman, Asrizal menjelaskan, terhadap infrastruktur yang ada di lokasi wisata, dilakukan perawatan dan pemeliharaan melalui APBD, sesuai tupoksi dinas, bahkan dianjungan Gandoriah segera pula dipasang penerangan Hightmast, sehingga anjungan itu bertambah menarik.

Pewarta: TRISNALDI
Editor: DNJ



Ikuti kami di