Harian Haluan

Harianhaluan.com

Selaju Sampan Meriahkan Idul Fitri di Surantih

Selaju Sampan Meriahkan Idul Fitri di Surantih
Warga antusias menyaksikan pertandingan Selaju Sampan memperebutkan Piala Wali Nagari Aur Duri Surantih tingkat kabupaten. OKIS MARDIANSYAH 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masih dalam menyemarakkan hari Raya Idul Fitri 1440 H, pemuda Kampung Timbulun, Nagari Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, mengadakan lomba Selaju Sampan tingkat kabupaten memperebutkan Piala Wali Nagari setempat.

Ketua Panitia Fauzi Udaya mengatakan, kegiatan yang di gelar sejak Sabtu (8/6) itu, sebelumnya merupakan agenda tahunan pemuda setempat. Namun, karena pihak nagari sangat mendukung kegiatan itu, akhirnya dikembangkan menjadi turnamen tingkat kabupaten yang dianggarkan melalui APB Nagari tahun 2019 sebesar Rp32 juta. 

"Kami berharap kegiatan ini terus mendapat dukungan penuh dari semua pihak, termasuk masyarakat setempat. Sebab, antusias peserta dalam perlombaan selaju sampan ini cukup tinggi," katanya pada Haluan di lokasi, Selasa (11/6).

Hingga kini kata dia, kontingen yang sudah mendaftar ke meja panitia untuk mengikuti lomba Selaju Sampan Piala Wali Nagari Aur Duri Surantih, sudah sebanyak 20 tim yang berasal dari beberapa kecamatan daerah setempat. Sedangkan, untuk babak penyisihan kata dia, pendaftaran bakal di tutup pada Kamis (13/6), setelah itu dilanjutkan dengan putaran kedua dan diakhiri dengan final.


"Nanti kami menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saja. Saat ini sudah ada sekitar 20 kontingen yang bertanding dengan biaya pendaftaran masing-masing tim Rp100 ribu. Tim pria berjumlah 6 orang, sedangkan perempuan 2 orang. Mereka nantinya bakal memperebutkan hadiah juara I Rp4 juta + trophy, juara II Rp2 juta + trophy, dan juara III Rp1 juta + trophy," ujarnya.

Sementara itu, Wali Nagari Aur Duri Surantih Jetrizanko, mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang terlibat dan dinilai sukses melaksanakan kegiatan lomba Selaju Sampan Piala Wali Nagari tingkat Kabupaten Pesisir Selatan.

"Kami bersama seluruh perangkat nagari sangat mengapresiasi panitia yang telah sukses menggelar perlombaan ini. Sebelumnya kegiatan ini diselenggarakan oleh pemuda setempat, namun sekarang menjadi tanggung jawab nagari. Tujuannya adalah untuk mempererat tali silaturrahmi antara nagari, pemuda, masyarakat dan perantau," ucapnya saat itu. 

Lebih jauh dijelaskan, selain mengadakan lomba Selaju Sampan, dalam waktu dekat pihaknya juga bakal menggelar turnamen Volly Ball piala Wali Nagari Aur Duri Surantih tingkat kabupaten yang rencananya bakal digelar awal Agustus 2019 mendatang. 

"Sebab, kegiatan ini masuk salah satu visi dan misi kami, yakni memajukan bidang olahraga dan kepemudaan di Nagari Aur Duri Surantih," tuturnya. 

Disisi lain ia berharap, agar pemerintah daerah melalui dinas terkait turut mendukung penuh kegiatan itu dengan cara menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Sebab, selaju sampan merupakan kegiatan positif yang mesti terus ditumbuh kembangkan dikalangan generasi muda.

"Batang Timbulun merupakan aset Nagari Aur Duri Surantih dan sekitarnya. Jadi, untuk menjaga agar tidak longsor dan ambrol kami perlu pemasangan Batu Jeti sepanjang aliran sungai ini. Kami mohon pemerintah kabupaten bisa mencarikan solusinya, sebab jika digunakan anggaran nagari tentu biayanya sangatlah besar," ucapnya penuh harap. (h/kis)

 Sumber : OKIS /  Editor : DNJ


Ikuti kami di