Harian Haluan

Harianhaluan.com

Pariwisata Sawahlunto Kembali Menggeliat

Pariwisata Sawahlunto Kembali Menggeliat
WAHANA Perahu Naga (Dragon Boat) di Taman Satwa Kandi Sawahlunto, menjadi salah satu wahana yang wajib dicoba bagi traveler yang berkunjung, selain melihat koleksi satwa yang ada. RIKI YUHERMAN 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Libur Lebaran 2019 H, menjadi salah satu patokan mulai kembalinya bergeliat destinasi wisata Kota Sawahlunto. Lima hari libur Idul Fitri 1440 H, tercatat sebanyak 55.632 wisatawan yang berkunjung di sejumlah objek wisata di "Kota Arang".

Data yang dirangkum Dinas Pariwisata setempat, tiga objek wisata, yakni Taman Satwa Kandi, Puncak Cemara dan Waterboom Muarokalaban menjadi objek yang paling ramai dikunjungi dengan rata rata kunjungan diatas 2.000 orang setiap harinya.

 


Kepala Bidang (Kabid) Destinasi, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sawahlunto, Def Afriyanto menyebutkan, setidaknya ada 14 destinasi wisata yang menjadi sasaran kunjungan wisatawan, baik yang dikelola oleh BUMD, Dinas Pariwisata maupun objek yang dikelola mandiri oleh masyarakat.

"Adapun 14 destinasi yang jumlah kunjungannya dicatat oleh Pemerintah Kota melalui Dinas Pariwisata, yakni, Kandih, waterboom, Cinema 4 D, Puncak Cemara, Museum Goedang Ransum, Museum Kereta Api, Gallery Info Box, Museum Tari, Museum Musik, Galeri Etnografi, Iptek Centre, Taman Buah Kandih, Desa Wisata Rantih dan Batu Runciang Silungkang. Sementara salah satu destinasi yang dikelola mandiri oleh warga desa setempat adalah destinasi Danau Biru di Desa Batu Tanjung, Kecamatan Talawi. Dari data yang diberikan masyarakat di sana, tercatat selama 5 hari masa libur lebaran tercatat sebanyak 4.286 pengunjung," tuturnya.

Selain itu sebut Def Afriyanto, di kawasan pusat Kota tua juga menawarkan sejumlah museum destinasi sejarah, termasuk stasiun kereta api dengan inovasinya yakni resto/cafe di atas gerbong kereta juga terpantau ramai dikunjungi.

"Puncak Cemara menjadi objek favorit wisatawan, terbukti di kawasan destinasi Kota Tua ini, kunjungan ke Puncer biasa kawasan ini disebut dalam perharinya mencapai 2.481 orang. Hal itu tidak terlepas dari beberapa penambahan wahana baru, yakni spot foto balon udara dan Gantole," ujarnya.

Menanggapi geliat kunjungan tersebut, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi pihak - pihak terkait maupun masyarakat yang ikut mendukung pariwisata.

"Dari ini kita bisa mengevaluasi kembali sebagai bahan untuk lebih meningkatkan kunjungan wisata kedepannya. Dengan kembali ramainya orang berkunjung, menjadi motivasi kita bersama untuk eksis kembali sebagai daerah tujuan wisata di Sumbar," katanya.

 

Wako Deri Asta menambahkan, kendati hasil yang didapat selama libur Idul Fitri ini cukup menggembirakan, namun ia menekankan agar jangan terlalu berbangga hati atau berpuas diri. Masih banyak yang harus dibenahi dan dikembangkan lagi.

"Pekerjaan Rumah (PR) terbesarnya adalah, bagaimana kita bisa meraup kunjungan wisata diluar dari musim liburan. Untuk itu kita sangat terbuka atas saran dan kritikan dar semua pihak. Semua saran dan kritikan yany membangun akan dipertimbangkan dan ditindak lanjuti untuk pariwisata Sawahlunto yang lebih baik," ujarnya. (h/rki)

 Sumber : Riki Yuherman /  Editor : HSP


Ikuti kami di