Harian Haluan

Harianhaluan.com

Perpustakaan Adinegori Miliki 13.821 Judul dan 31.549 Buku

Perpustakaan Adinegori Miliki 13.821 Judul dan 31.549 Buku
Murid TK tengah melakukan perekaman untuk membuat kartu Perpustakaan. RIKI YUHERMAN 
SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Keberadaan Perpustakaan Daerah Adinegoro dibawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto dirasakan mampu menjadi daya tarik bagi warga kota untuk menambah pengetahuan melalui bacaan koleksi dari Perpustakaan yang namanya diambil dari tokoh Pers Nasional Indonesia itu.
 
Kepala Bidang Penyelenggara Perpustakan Dinas DPK Sawahlunto, Subandi menilai, tren kunjungan ke Perpustakaan di Kota Sawahlunto baik Perpustakaan Adinegoro dan Perpustakaan Muhammad Yamin di Talawi terus meningkat.
"Pada 2018 , angka kunjungan ke Perpustakaan Adinegor mencapai 54.456 orang. Perpustakaan Muhammad Yamin mencapai 1.675 pengunjung serta kunjungan pada perpustakaan keliling mencapai 5.314 orang. Totalnya sebanyak 61.314 orang," katanya.
 
Subandi juga menyebutkan, saat ini Perpustakaan Adinegoro memiliki sebanyak 13.821 judul bacaan dan sebanyak 31.549 eksemplar buku. Untuk jumlah koleksi lanjutnya, pihaknya terus berupaya melakukan penambahan baik melalui pengadaan dana APBD maupun dari upaya Dana Alokasi Khusus (DAK).
"Selain menambah koleksi bacaan, pihak kami juga terus melakukan pembinaan ke Perpustakaan perpustakaan sekolah, perpustakaan kantor, perpustakaan desa dengan harapan semakin menambah minat masyarakat untuk membaca," katanya.
 
Sementara itu lanjutnya, berbagai perlombaan seperti lomba bercerita, lomba pidato, lomba mengambar dan mewarnai serta melakukan pameran buku juga secara berkesinambungan terus dilakukan, juga termasuk mengundang seluruh TK/RA dan PAUD se Kota Sawahlunto untuk berkunjung keperpustakaan. Meski para siswa itu belum semuanya bisa membaca sebutnya, namun siswa tersebut dicoba untuk dikenalkan dengan bacaan, buku begambar dan juga mendengarkan dongeng.
"Gemar membaca sedari dini akan sangat berpengaruh kepada tingkat intelegensi anak. Anak anak akan menyukai literasi dan mampu membuka cakrawala dunia karena membaca merupakan jendela ilmu,". pungkasnya. (h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : HSP


Ikuti kami di