Harian Haluan

Harianhaluan.com

Wakil Ketua DPRD Sumbar Ajak Masyarakat Galakkan Remaja Masjid

Wakil Ketua DPRD Sumbar Ajak Masyarakat Galakkan Remaja Masjid
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano memberikan secara simbolis bantuan hibah Rp 20 juta kepada Pengurus Masjid Tauhid, Jorong Bonai Padang Lua, Nagari III Koto, Kabupaten Tanah Datar, Kamis (30/5) malam. DANI 

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM — Masa depan dan kemajuan suatu bangsa amat ditentukan oleh generasi mudanya. Pemberdayaan generasi muda lewat berbagai kegiatan kepemudaan, khususnya di bidang keagamaan, karenanya mutlak diperlukan jika ingin menjamin kemajuan Indonesia di masa yang akan datang.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano usai menyambangi Masjid Tauhid, Jorong Bonai Padang Lua, Nagari III Koto, Kabupaten Tanah Datar bersama rombongan Tim Safari Ramadan (TSR), Kamis (30/5) lalu.

"Sungguh miris melihat para pemuda dan pemudi yang sudah jarang terlihat berada di masjid. Ke mana sebenarnya generasi muda kita? Padahal di pundak merekalah masa depan bangsa ini ditumpukan. Jika generasi muda tidak lagi pergi ke masjid, tidak lagi melaksanakan qiyamul lail, tidak lagi berpuasa, atau bahkan yang lebih parah, terlibat dalam aktivitas yang berhubungan dengan penyakit masyarakat, maka akan dapat dipastikan, dalam 20 ke depan negara ini akan hancur," ujar Arkadius.

Selain itu ia juga menambahkan, meski sering ke masjid atau ke surau, para orangtua bisa saja tidak masuk surga lantaran mengajak serta anak-anaknya. "Untuk itu, saya mengimbau kepada pemerintahan nagari dan jorong, mari kita ajak para pemuda kembali ke masjid, dan mari galakkan kembali remaja masjid," ucapnya.


Arkadius mengatakan, saat ini telah ada Perda Nomor 12 Tahun 2017 tentang Kepemudaan yang mengatur kegiatan-kegiatan kepemudaan. Berdasarkan perda tersebut, kegiatan kepemudaan dapat dikembangkan lewat empat hal, yakni kepemimpinan, kepeloporan, kewirausahaan, serta sarana dan prasarana kepemudaan.

"Yang paling penting adalah bagaimana mendidik dan membina generasi muda sehingga mereka mempunyai nilai-nilai karakter, keimanan, dan intelektual yang diperlukan untuk membawa kemajuan bagi bangsa ini di masa yang akan datang," ujarnya. (h/mg-dan)

Reporter : Dani /  Editor : HSP


Ikuti kami di