Harian Haluan

Harianhaluan.com

Kurangi Polusi Udara, Dharmasraya Akan Perbanyak Taman Kota

Kurangi Polusi Udara, Dharmasraya Akan Perbanyak Taman Kota
Pihak PT BRM serahkan bantuan CSR ke Pemkab Dharmasraya. IST 

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se dunia di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (17/6). Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bertindak sebagai inspektur dalam upacara tersebut.

Dikatakan bupati, peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun ini ditandai dengan peringatan dari World Health Organization (WHO) tentang salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu polusi udara. WHO menyatakan setiap tahun 7 juta orang meninggal karena polusi udara.

"Di seluruh dunia tercatat bahwa 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara yang berasal dari kendaraan bermotor, industri pertanian dan pembakaran sampah. Sehingga tidak heran, jika United National Environment mengangkat tema Kendalikan Polusi Udara (Beat Air Pulution) untuk peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2019 ini," ujar bupati saat membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya.

Sementara secara nasional, sambung bupati, digunakan tema relevansi yaitu Biru Langitku, Hijau Bumiku. Tema ini menggambarkan upaya untuk mengendalikan polusi udara sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi menjadi lebih hijau.


Untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor, maka upaya-upaya untuk membuat kota menjadi lebih hijau, dengan memperbanyak taman kota, membangun trotoar untuk pejalan kaki, membangun jalur bersepeda seperti kota Surabaya, Bandung dan kota-kota lainnya. “Maka upaya-upaya itu mampu mengurangi polusi dari kendaraan bermotor," tukas bupati.

Usai upacara, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan CSR dari PT. Transco berupa tong sampah pilah untuk Kecamatan Pulau Punjung dan SDN 25 Pulau Punjung. Kemudian uang pembangunan taman sekolah senilai Rp 30 juta untuk SMPN 1 Koto Baru. Tidak hanya itu, juga ada penyerahan CSR dari PT. BRM berupa uang pembangunan Green House senilai Rp 20 juta untuk SMPN Unggul Dharmasraya. (h/bdr)

Reporter : Badri /  Editor : HSP


Ikuti kami di