Harian Haluan

Harianhaluan.com

Pemkab Pasaman Siapkan Rp230 Juta untuk Bonus MTQ

Pemkab Pasaman Siapkan Rp230 Juta untuk Bonus MTQ
Salah satu stan pameran pada MTQ di Kota Solok. IST 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman, menjanjikan bonus sebesar Rp230 juta bagi qori maupun qoriah yang berhasil meraih gelar juara pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Solok.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Pasaman, Edi Erman mengatakan, bahwa Pemda setempat telah menyiapkan anggaran untuk bonus bagi para qori dan qoriah berprestasi pada gelaran MTQ tersebut.

"Bonus sudah disiapkan, totalnya sebesar Rp 230 juta rupiah bagi Qari dan Qariah Kafilah Pasaman yang berhasil meraih peringkat Juara 1, 2 dan 3 pada MTQ Nasional ke 38 Tingkat Provinsi Sumatera di Kota Solok," kata Edi Erman, Rabu (19/6).

Bonus tersebut jauh meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan bonus pada gelaran MTQ ke-37 di Kota Pariaman, dua tahun lalu. Bagi qori qoriah berprestasi di MTQ saat itu, juara satu sebesar Rp10 juta, juara dua Rp7 juta dan juara ketiga Rp4 juta.


"Bonus jauh meningkat tahun ini dibandingkan pada gelaran MTQ ke-37 tahun 2017 di Pariaman," ujarnya.

Ia berharap, dengan pemberian penghargaan itu bisa menambah motivasi. Dan, ke depan, kafilah-kafilah MTQ Pasaman dapat meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi sehingga membawa harum nama Pasaman.

"Berharap kafilah DIY pada gelaran MTQ ini bertanding dengan gigih, tunjukkan segala kemampuan yang dimiliki. Pertahankan prestasi yang telah diraih, syukur-syukur bisa lebih meningkat," kata Edi Erman.

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama berharap peringkat kafilah Kabupaten Pasaman diajang MTQ Nasional ke-38, melesat keposisi tiga besar. Sebab, bonus hingga ratusan juta totalnya sudah disiapkan untuk qori dan qoriah berprestasi.

"Harapan kita sih, kafilah Pasaman mengukir prestasi diajang MTQ kali ini. Kalau bisa posisinya naik lagi lah diperingkat tiga besar," ujar Wabup Atos saat dihubungi.

Diajang MTQ ke-38 di Solok ini, Pasaman mengutus 110 kafilah, terdiri atas pimpinan kafilah (rombongan) 4 orang, pelatih dan official 37 orang, para qori/qoriah 52 tim medis 3 orang, sopir 12 orang. 52 qori/qoriah.

Para kafilah Pasaman akan mengikuti 11 cabang lomba dengan 24 golongan. Masing-masing cabang terdiri dari, tilawah taman kanak kanak, tilawah qur'an, tartilul qur'an, hafzil qur'an, khatil qur'an, qira'at sab'ah, fahmil qur'an, cabang syaril qur'an, M2 IQ, lomba adzan dan khutbah jum'at serta tahfir bahasa arab. (h/yud)

 

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : HSP


Ikuti kami di