Harian Haluan

Harianhaluan.com

84 Anak di Koto Tinggi Limapuluh Kota Ikuti Sunatan Massal Gratis TPK IASMA 1 Bukittinggi

84 Anak di Koto Tinggi Limapuluh Kota Ikuti Sunatan Massal Gratis TPK IASMA 1 Bukittinggi
Sunatan Massal Gratis oleh TPK IASMA 1 Bukittinggi/Landbouw di Koto Tinggi, Limapuluh Kota. IST 

BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM-Sebanyak 84 anak dari berbagai pelosok kampung  mengikuti Sunatan Massal yang digelar TPK SMA1 Bukittinggi/Landbou, Ahad 23/6/2019) di Nagari Koto Tinggi, Gunung Omeh, Limapuluh Kota. Sementara puluhan orang tua mendapat pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat.

Menuru Humas TPK IASMA 1 Bukittinggi Vera Primadewi, kagiatan yang dilaksanakan  di Koto Tinggi hari itu merupakan Program Sunatan Massal 1001 anak TPK IASMA yang menjadi salah satu   rangkaian kegiatan Pra Event dari "Reuni Gadang dan ulang tahun SMA 1 Bukittinggi yang ke 60".
Kegiatan ini melibatkan  27 orang panitia,   19 diantaranya team medis. Panitia juga mendapat dukungan sepenuhnya oleh Wali Nagari Koto Tinggi, Kepala Jorong dan masyarakat.

"Kegiatan baru berakhir jam sebelas malam. Anak-anak yang disunat cukup banyak, berjumlah  84 orang anak dari 89 yang mendaftar," jelasnya.
Mereka, anak-anak dari pelosok kampung  itu tetap bersemangat,  kendati  harus mendapatkan giliran disunat hingga larut malam. Banyak juga orang tua yang kelelahan menunggui. Namun mereka tidak ingin kesempatan mengkhitan anak secara gratis  ini  berlalu begitu saja.

Jika bersunat secara mendiri   mereka harus menyiapkan dana Rp450 sampai Rp700,  sehingga banyak juga orang tua yang kurang mampu,  tidak menjadikan bersunat sebagai prioritas anak mereka karena ada kebutuhan pokok harian  yang lebih mendesak. "Jadi insyaAllah, kegiatan ini tepat sasaran, dan sangat bermanfaat membantu ummat," jelasnya.


Kegiatan Sunatan Massal ini juga diselengi dengan pemeriksaan kesehatan masyarakat dan pemberian obat secara gratis   oleh Tim Medis TPK  IASMA 1 Bukittinggi yang dikoordinir dr Adek dan Ankis alumni SMA 1 Bukittinggi.

Sebanyak 59 orang warga mendapatkan pelayanan  pemeriksaan kesehatan. Umumnya mengalami gangguan tekanan darah  dan pengapuran tulang. Mereka langsung mendapatkan obat gratis.

"Alhamdulillah,  dari  1001 target   Sunatan Massal,  sudah 945 orang anak yang  disunat,  dan masih 56 orang anak lagi untuk mencapai target minimal 1001 orang anak," jelas Awie.

Sedangkan dari dana yang terkumpul Rp30.500.000 untuk 305 orang anak, setelah dilaksanakan kemaren sebanyak 62 orang anak dan hari ini 84 org anak, maka  masih ada dana untuk 159 orang anak lagi. Pelaksanaan sunatan berikutnya Insyaallah akan dilaksanakan pada  29 Juni 2019 di daerah Simabua, Tanah Datar, dan  pada  30 Juni 2019 di Pool AWR Nagari Ampang Gadang, Kecamatan IV Angkek. (rel/dn) 

Reporter : Rel /  Editor : DNJ


Ikuti kami di