Harian Haluan

Harianhaluan.com

Diam-diam, Nama Dhanni Hariyona Mengapung Jelang Pilkada Bukittinggi

Diam-diam, Nama Dhanni Hariyona  Mengapung Jelang Pilkada  Bukittinggi
Dhanni Hariyona (kanan) disebut-sebut tokoh muda yang tepat maju di Pilkada Bukittinggi 2020 nanti. Dok/ist 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Helat pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan dilangsungkan  2020 mendatang. Kota Bukittinggi merupakan satu dari sekian banyak kabupaten/kota di Indonesia yang akan menggelar pemilihan kepala daerahnya di tahun depan.

Meskipun Pilkada serentak untuk tahun 2020  belum masuk pada tahapan penjaringan calon di tingkat partai, sejumlah nama disebut-sebut sangat layak merebut kursi orang nomor satu dan dua pada daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada. 

Untuk di Bukittinggi misalnya, nama Muhammad Dhanni Hariyona mengapung sebagai salah satu sosok yang siap merebut kursi kepala daerah di kota wisata ini.

Muhammad Dhanni Hariyona bukanlah sosok baru di tengah masyarakat. Ia merupakan pengusaha muda yang begitu piawai beroganisasi dan juga sudah akrab dengan dunia politik.


Saat ini Dhani menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi) Sumbar. Dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan Hipmi, ia getol menyuarakan bagaimana agar para pengusaha muda yang tergabung dalam organisasi Hipmi turut andil memperjuangkan nasib rakyat. 

Menurut Dhani, salah satu langkah yang bisa diambil dalam rangka memperjuangkan rakyat dan kesenjangan yang masih banyak ditemui  adalah dengan terlibatnya anak muda secara langsung di pemerintahan. 

Anak muda yang punya keinginan kuat mendedikasikan fikiran dan tenaganya untuk mengabdi ke masyarakat, menurut Dhani bisa mengambil langkah untuk ikut bertarung di kursi DPRD, DPR RI atau Pilkada. Langkah ini juga siap diambil Dhani.

Saat berbincang dengan Harian Haluan.Com belum lama ini lulusan Swiss German University jurusan Management Hotel and Tourism itu menegaskan siap bertarung di Pilkada Kota Bukittinggi jika amanah ini dipercayakan kepadanya.

Berangkat dari bidang ilmu yang ia tekuni saat menempuh perkuliahan, dimana Management Hotel and Tourism sangat berkaitan erat dengan pengembangan pariwisata Dhani memang sangat cocok maju di Pilkada Kota Bukittinggi, sebab seperti diketahui potensi terbesar yang dimiliki daerah itu adalah di bidang pariwisata.

Dhani juga adalah anak muda yang sudah sangat paham dengan seluk beluk dan persoalan di Kota Bukittinggi, ini karena dalam kesehariannya pemuda 28 tahun itu  General Manager di Plaza Bukittinggi. 

Jadi ia paham betul bagaimana geliat wisata di kota ini, minat wisatawan, dan kekurangan-kekurangan yang harus dibenahi untuk lebih baiknya pengembangan wisata di daerah itu ke depan.

Siap maju sebagai kepala daerah, Dhani tentu juga harus paham sedikit banyaknya tentang politik, karena setiap kepala daerah umumnya diusung oleh partai politik. 

Untuk yang satu ini, latar belakang dan pemahaman Dhani sekaitan politik juga tak perlu diragukan lagi. Ia adalah anak dari pasangan politikus handal Sumbar yang nama mereka sudah sangat dikenal di tengah masyarakat. 

Ya, Dhani adalah anak dari pasangan politikus handal, Emma Yohana dan Hariadi. Emma Yohana sendiri merupakan anggota DPD RI periode 2014 - 2019 dan kembali terpilih sebagai anggota DPD RI periode 2019-2024. Sementara Hariadi saat jni menjabat sebagai Ketua DPW PPP Sumbar. (*)

Reporter : Leni /  Editor : DavidR


Tags
pilkada
Ikuti kami di