Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Dukung Wisata Mandeh, IPA Bakal Beroperasi di Nagari Sungai Nyalo

Dukung Wisata Mandeh, IPA Bakal Beroperasi di Nagari Sungai Nyalo
Instalasi pengolahan air (IPA) atau water treatment plant (WTP) yang bakal dioperasikan di Nagari Sungai Nyalo Mudiek Aie, Kacamatan Koto XI Tarusan. OKIS MARDIANSYAH 
PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Langkisau Kabupaten Pesisir Selatan, bakal mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang baru saja dibangun di Nagari Sungai Nyalo Mudiek Aie, Kecamatan Koto XI Tarusan.
 
Direktur PDAM Tirta Langkisau Gusdan Yuwelmi mengatakan, instalasi pengolahan air (IPA) atau water treatment plant (WTP) mampu memproduksi air dengan kapasitas 20 liter per detik dengan sistem gravitasi.
 
"Setidaknya mampu menyambungkan ke 500 rumah kepala keluarga (KK) untuk memenuhi kebutuhan pasokan air bersih disekitar kawasan wisata Mandeh, Kacamatan Koto XI Tarusan," ujarnya pada wartawan di Painan, Rabu (31/7).
 
Lebih lanjut kata Gusdan, pengoperasian tersebut segera dilakukan pasca diserah terimakan oleh Satker Kementerian PU-PR. Salah satunya untuk meratakan pemenuhan sumber air bersih sebagai upaya pengembangan kawasan wisata Mandeh.
 
"Ya, seperti contoh ketika ada investor yang ingin membangun sebuah resort disekitar kawasan Mandeh, tentu akan kita salurkan kebutuhan air bersihnya," ucapnya lagi.
 
Menurut dia, instalasi pengolahan air atau water treatment plant dibangun melalui dana hibah pemerintah pusat dengan anggaran sekitar Rp20 miliar.
 
"Ada bendungan intake dan pipa transmisi pada tahun 2017, dibangun oleh BWS V dengan dana Rp9,094,905,000. Kemudian bangunan IPA kapasitas 20 perdetik, dan reservoir 300 m3 pada 2018 oleh PS PAM pusat dengan dana Rp.10,560,647,000," katanya mengakhiri. (h/kis)

Reporter : OKIS MARDIANSYAH /  Editor : DODI NJ


Ikuti kami di